Implementasi Bauran Promosi Pada Informa Furnishing DI Jember Implementation of Promotion MIX at Informa Furnishing in Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran promosi
yang dilakukan oleh Informa Furnishing di Jember. Objek dalam penelitian ini
adalah Informa Furnishing di Jember. Informan dalam penelitian ini adalah Store
Manager, Supervisor Sales, Sales Executive, konsumen dan pelanggan yang
bersedia dijadikan narasumber. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan tipe deskriptif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu gambaran umum meliputi
sejarah, tujuan, visi misi, lokasi dan struktur organisasi Informa Furnishing di
Jember dan implementasi bauran promosi pada Informa Furnishing di Jember.
Sedangkan analisis taksonomi yaitu implementasi bauran promosi pada Informa
Furnishing di Jember yang diperluas menjadi periklanan, personal selling,
publisitas dan promosi penjualan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi yang
dilakukan oleh Informa Furnishing di Jember terdiri dari periklanan, personal
selling, publisitas dan promosi penjualan. Periklanan dilakukan melalui brosur,
aplikasi, instagram, whatsapp, spanduk, banner dan baliho. Personal selling
dilakukan melalui oleh tenaga penjual yang disebut Sales Executive yang terbagi
atas beberapa departemen dengan menawarkan berbagai promo atau potongan
harga dan mengandalkan pelayanan yang baik agar dapat menimbulkan pembelian
kembali. Publisitas dilakukan melalui salah satu event yaitu sumbang meja dan
kursi di salah satu sekolah, melaksanakan donor darah rutin tiap tahun dan
melakukan kerjasama dengan instansi atau lembaga tertentu. Promosi penjualan
dilakukan melalui promo atau potongan harga baik untuk member maupun non
member dengan maksud untuk mendapatkan respon segera dari konsumen dan
mempengaruhi konsumen agar membeli produkny