Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Job Insecurity Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Pada Hotel Dafam Lotus Jember the Effect of Emotional Intelligence and Job Insecurity on Turnover Intention Through Work Satisfaction in Dafam Lotus Jember Hotels
Abstract
Di era revolusi industry 4.0 saat ini, dimana digitalisasi telah menguasai 
banyak bidang kehidupan tidak terkecuali bidang ekonomi dan bisnis, yang mana 
banyak menggeser peran manusia di dalamnya. Akan tetapi terdapat peran SDM 
yang memang tidak dapat di gantikan oleh digitalisasi, seperti pelayanan di bidang 
perhotelan, peran SDM tentunya sangat penting bagi perusahaan yang 
menawarkan pelayanan. Angka turnover yang dimiliki perusahaan di bidang 
perhotelan semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini tentunya tidak baik bagi 
kelangsungan perusahaan, oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk 
memperhatikan masalah tersebut dan mengatasinya dengan memperhatikan 
kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawannya, dengan memperhatikan 
kepuasan kerja karyawan maka diharapkan dapat mampu mengurangi turnover 
intention karyawan. Terdapat banyak faktor yang dapat meningkatkan maupun 
menurunkan tingkat kepuasan kerja yang dirasakan karyawan, diantaranya adalah 
kecerdasan emosional dan job insecurity. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui apakah kecerdasan emosional yang dimiliki karyawan, serta job 
insecurity yang rendah dirasakan karyawan dapat meningkatkan kepuasan kerja, 
sehingga akan menurunkan tingkat turnover intention yang dirasakan karyawan 
Hotel Dafam Lotus Jember. 
Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research yang 
menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis
dengan populasi 66 karyawan kontrak Hotel Dafam Lotus Jember. Sampel yang 
digunakan adalah seluruh jumlah populasi yaitu dengan teknik pengambilan 
sampel non probability sampling yaitu sampling jenuh atau sensus. Penelitian ini 
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data 
primer. Data primer tersebut diperoleh dengan pemberian kuisioner kepada 
responden dan wawancara kepada informan sebagai penunjang penelitian. Metode 
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path 
analysis) dengan variabel bebas kecerdasan emosional dan job insecurity, variabel 
terikat turnover intention dan variabel intervening kepuasan kerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh 
positifosignifikan terhadapokepuasan kerja sementara Job insecurity tidak 
berpengaruh signifikan terhadapokepuasan kerja. Selanjutnya Kecerdasan 
Emosional berpengaruhonegatif signifikan terhadapoturnover intention sementara 
Job insecurity berpengaruh positifosignifikan terhadapoturnover intention. 
Kepuasan Kerja berpengaruh negatifosignifikan terhadap turnover intention.
