Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Berdasarkan Kurikulum 2013
Abstract
Buku siswa terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan merupakan
buku tematik yang memuat materi pembelajaran dan digunakan untuk
memaksimalkan pembelajaran. Buku teks siswa berisi materi, kegiatan, dan
evaluasi yang disesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa.
Implementasi Kurikulum 2013 mengharuskan guru untuk menganalisis isi buku
terlebih dahulu agar tidak ada kerancuan dalam penyampaian materi namun,
berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Gumelar 02 bahwa guru
pernah menemukan kerancuan materi pada buku siswa tema lain. Kerancuan
tersebut berupa ketidaksesuaian ilustrasi dan materi. Berdasarkan hal tersebut
perlu adanya analisis pada buku siswa untuk mengetahui kelayakan isi dalam
buku tersebut apakah sudah sesuai dengan kurikulum 2013 sehingga sudah
menunjang kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kelayakan isi buku siswa kelas IV SD/MI tema cita-citaku terbitan
kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2017.
Analisis dilakukan pada buku siswa kelas IV Tema Cita-citaku edisi revisi
2017. Kelayakan isi buku siswa berdasarkan Kurikulum 2013 memiliki beberapa
indikator untuk diteliti antara lain: kesesuaian materi dengan KD (keluasan
materi), kedalaman materi, kesesuaian materi dengan ilustrasi gambar, dan
kesesuaian materi dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu instrumen kelayakan isi
buku siswa dengan kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu metode wawancara dan dokumen sedangkan teknik analisis data berupa
analisis isi atau dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi pada buku siswa Tema
Cita-citaku dengan kurikulum 2013 diperoleh skor pada masing-masing indikator
sebagai berikut; (1) Kesesuian materi dengan KD diperoleh persentase sebesar
97,87% dan dikategorikan sangat layak. Ketidaksesuaian materi dengan KD
diperoleh persentase sebesar 2,33%; (2) Kedalaman materi diperoleh persentase
sebesar 60,10% dan dikategorikan layak; (3) Kesesuaian materi dengan ilustrasi
gambar diperoleh persentase sebesar 97,87% dan dikategorikan sangat layak.
Ketidaksesuaian materi dengan ilustrasi gambar diperoleh persentase sebesar
2,12%; (4) Kesesuaian materi dengan pendekatan saintifik diperoleh persentase
sebesar 96,67% dan dikategorikan sangat layak.
Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang diperoleh yaitu buku siswa
kelas IV SD/MI tema cita-citaku sangat layak untuk digunakan. Saran bagi guru,
dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan menambah materi yang ada di
dalam buku sebagai bahan ajar. Selain itu, diharapkan juga guru dapat lebih
kreatif dalam mencari sumber belajar yang akan digunakan sehingga tujuan dan
indikator pembelajaran dapat tercapai. Bagi pengawas sekolah, dengan
dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat mengevaluasi dan meningkatkan
kualitas proses dan hasil prestasi belajar dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
acuan untuk melakukan penelitian lain yang sejenis. Bagi penerbit buku, hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan
buku tematik kelas IV edisi selanjutnya.