Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Layanan terhadap Niat Perilaku melalui Kepuasan Konsumen pada Sumbersari Batik The Waroeng
Abstract
Dalam era global saat ini, sebuah bisnis tempat makan sedang mengalami persaingan yang sangat ketat dan sulit. Karena bisnis yang menjanjikan saat ini ialah membangun usaha bisnis tempat makan seperti restorant atau tempat bersantap, sekaligus tempat berkumpul bersama keluarga, teman maupun pasangan. Hal ini juga terjadi terhadap usaha bisnis tempat makan sekaligus tempat perbelanjaan batik tulis yaitu Sumbersari Batik The Waroeng. Adanya pengaruh suasana toko dan penciptaan kualitas layanan perlu diperhatikan oleh pemilik Sumbersari Batik The Waroeng untuk menumbuhkan sebuah niat ataupun minat pembelian ulang konsumen melalui sebuah kepuasan konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan kualitas layanan terhadap niat perilaku melalui kepuasan pelanggan di Sumbersari Batik The Waroeng. metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner responden secara langsung ditempat yang dituju atau Accidental Sampling kepada 100 responden yang merupakan konsumen Sumbersari Batik The Waroeng di Bondowoso. pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa syarat. Variabel independen yaitu suasana toko dan kualitas layanan, variabel dependen yaitu niat perilaku, serta variabel intervening yaitu kepuasan konsumen. Analisis yang digunakan yaitu analisis jalur atau analysis path.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh suasana toko dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku konsumen melauli kepuasan konsumen