Analisis Upah Dan Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pada Driver Go-Jek DI Jember
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi mengakibatkan dampak
yang besar bagi masyarakat. Tehnologi yang saat ini mengalami perkembangan
pesat adalah tehnologi komunikasi. Dampak dari perkembangan tehnologi
komunikasi adalah bidang transportasi, seperti adanya ojek online. Ojek online
dapat dipesan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang telah disediakan oleh
perusahaan ojek online. Setiap perusahaan memerlukan Sumber Daya Manusia
(SDM) yang berkualitas sehingga pada akhirnya berdampak kepada tingkat
efektifitas dan efisiensi pekerjaan para karyawaan di perusahaan. Dimana hal itu
akan tercipta apabila terdapat kepuasan kerja yang dapat dipengaruhi oleh upah
dan insentif dari perusahan. Salah satu perusahaan ojek online terbesar di
Indonesia adalah Go-jekyang telah beroperasi di berbagai kota di Indonesia, salah
satunya Jember. Menjadi driver Go-jek merupakan peluang kerja yang
menguntungkan bagi masyarakat Jember untuk memperoleh penghasilan dan
tambahan pendapatan.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh upah dan insentif terhadap kepuasan kerja. Studi pada
driver Go-jek di Jember. Variabel penelitian in adalah upah, insentif dan
kepuasan. Penelitian ini merupakan explanatory research, yaitu penelitian yang
dilakukan dengan maksud menggali data dari responden dan untuk mengkaji
tingkat dimana variabel yang diteliti diharapkan dapat menjelaskan objek yang
diteliti melalui data yang terkumpul. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah driver yang aktif
bekerja, dan telah memperoleh poin berjumlah 100 driver Go-jek. Metode analisis
yang digunakan adalah regresi linier.