• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANAN PENDIDIK PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI PAUD DHARMA WANITA SKB KABUPATEN SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (100.0Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Yonhar Wiji Setyonegri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif karena penelitian ini tidak dimaksudkan untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimakah peranan pendidik PAUD dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Daerah atau tempat penelitian ditetapkan di PAUD Dharma Wanita SKB Kabupaten Situbondo ditetapkan menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Informan kunci pada penelitian ini yaitu tiga orang pendidik tetap di PAUD Dharma Wanita SKB Kabupaten Situbondo dan informan pendukung yaitu Kepala UPTD SKB Kabupaten Situbondo, Pengelola PAUD Dharma Wanita SKB Kabupaten Situbondo serta orang tua peserta didik. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan informan kunci dicocokkan dengan hasil observasi maupun dengan hasil wawancara dengan informan pendukung. Kegiatan wawancara dengan informan kunci yang diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara dengan informan pendukung tersebut dilakukan untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidik PAUD Dharma Wanita SKB Kabupaten Situbondo telah mampu melakukan peranannya sebagai seorang pendidik dengan sangat baik. Hal ini ditandai dengan semakin baiknya keterampilan motorik halus yang dimiliki peserta didik jika dibandingkan saat mereka baru memasuki sekolah dengan ketika mereka telah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10102
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository