• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbasis Sejarah Lokal Budaya Osing Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Model r2d2 Pada Siswa Kelas X Ips DI Sma Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Zahratul Ulla-120210302078.pdf-.pdf (3.568Mb)
    Date
    2019-04-22
    Author
    ULLA, Zahratul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah bertujuan yaitu menumbuhkembangkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang dapat diimplementasikan dalam berbagai kehidupan masyarakat dan bangsa. Kesadaran sejarah peserta didik perlu dikembangkan melalui pengenalan sejarah di lingkungan sekitar. Berdasarkan data lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara di SMA Negeri 1 Genteng diketahui bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah yang kurang mengaitkan dengan kebutuhan lingkungan sekitar peserta didik; (2) peserta didik memiliki motivasi belajar cukup tinggi terhadap materi sejarah lokal; (3) rendahnya pengetahuan peserta didik terhadap sejarah lokal; dan (4) pendidik menilai pentingnya materi sejarah lokal untuk disampaikan kepada peserta didik, namun mengalami kendala dalam pelaksanaan karena tidak tersedianya sumber belajar. Berdasarkan data yang ditemukan di sekolah dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) pentingnya pendidikan sejarah lokal yang belum mendapatkan perhatian; (2) implementasi kurikulum 2013 yang belum maksimal; (3) motivasi belajar peserta didik yang cukup tinggi terhadap materi sejarah lokal, dan (4) pelaksanaan pembelajaran sejarah lokal yang tidak bisa disampaikan karena kurangnya ketersediaan sumber belajar sejarah lokal di sekolah. Sehingga untuk menjawab permasalan yang ada di lapangan, maka dikembangkan bahan ajar berupa Modul Pembelajaran yang berisi sejarah lokal Budaya Masyarakat Osing sebagai peninggalan kerajaan Hindhu-Buddha di Kabupaten Banyuwangi sebagai sumber belajar dan untuk dapat meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya: (1) menghasilkan produk Modul Pembelajaran sejarah lokal Budaya Osing sebagai peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Kabupaten banyuwangi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan menggunakan model R2D2 yang tervalidasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain; dan (2) produk modul sejarah lokal Budaya Osing sebagai peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Kabupaten Banyuwangi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik. Produk yang dihasilkan kemudian akan divalidasi ahli dan diujicoba pengguna. Hasil validasi ahli diantaranya: (1) validasi ahli isi bidang studi diperoleh nilai 78,46% dengan kualifikasi baik; (2) validasi ahli bahasa diperoleh nilai 88,33% dengan kualifikasi sangat baik; dan (3) validasi ahli desain diperoleh nilai 70,76% dengan kualifikasi Cukup dan Perlu Direvisi. Selain tervalidasi ahli, Modul Pembelajaran sejarah lokal juga tervalidasi pada ujicoba lapangan menunjukkan nilai rata-rata pre test sebesar 39,3 dan post test sebesar 83,6. Hasil ujicoba lapangan dengan melibatkan 38 peserta didik menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 39,3 (Std. Deviasi = 9,56) dan post test sebesar 83,7 (Std. Deviasi = 7,32). Berdasarkan hasil penelitian, maka diambil kesimpulan: (1) modul pembelajaran sejarah lokal telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah kelas X SMA; dan (2) modul pembelajaran sejarah lokal yang dikembangkan dapat meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100507
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Hubungan Antara Keterampilan Berfikir Sejarah dan Pemahaman Sejarah Indonesia Dengan Kesadaran Sejarah Siswa Sma DI Kabupaten Jember 

      RAMDHANI, Arief Muhammad (2019)
      Pada era modern ini pembelajaran sejarah harus berorientasi kepada pengembangan kesadaran sejarah dalam diri siswa. Kesadaran sejarah menjadi penting untuk dikembangkan dalam diri siswa karena kesadaran sejarah dapat menjadi ...
    • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KERAJAAN LAMAJANG TIGANG JURU TAHUN 1294 M – 1316 M DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE 

      Silvi, Dwiki Olivia (2015-12-02)
      Bahan ajar adalah bahan pembelajaran yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran (Sa’ud, 2008: 214). Kurikulum 2013 menuntut pembuatan bahan ajar sebagai pencerminan pendidik yang mempunyai sifat kreatif, inovatif, dan ...
    • Penerapan Strategi Pembelajaran terbalik (Reciprocal Teching) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Sejarah Pendidikan di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember 

      Naim, Mohamad (Jurnal IPS Vol.X No.4 Oktober 2008., 2008-10-15)
      the goals of the study arc: I) Improving the quolity, the efectivity educationin the StudyP rogramo f Historys tudy.2 ) Improvingt he skillsa Iectures in teaching prccess. 3) Improwng the skills ond ability of the ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository