Pengaruh Video Demonstrasi Percobaan Fluida Statis Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Abstract
Pada umumnya pembelajaran Fisika cenderung monoton dengan aktivitas
sains termasuk rendah. Keterampilan proses sains berkaitan erat terhadap
pembelajaran fisika. Rendahnya keterampilan proses sains dapat berakibat
terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Kegiatan eksperimen atau praktikum
sebenarnya lebih efektif dilakukan di laboratorium. Kenyataan yang ada di
lapangan menunjukkan bahwa alat praktikum di sekolah kurang memadai untuk
melakukan percobaan fluida statis dan umumnya terbatas pada materi tertentu
saja. Sehingga pembelajaran yang terjadi di kelas adalah siswa hanya
menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dengan pemberian rumus yang rumit
tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuangkan kreatifitas dan
keterampilan yang siswa miliki melalui kegiatan praktikum. Kegiatan eksperimen
atau praktikum dapat dilakukan tanpa alat laboratorium seperti biasa. Hal ini dapat
dilakukan dengan menyajikan media praktikum berbasis video dalam
pembelajaran fluida statis