Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Desmos Pada Kelaskita Materi Program Linier Kelas XI Sma
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat 
dalam aspek kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi dan 
informasi tidak hanya sebatas bagaimana mengoperasikan komputer saja, namun di 
era saat ini salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi yakni 
sebagai alat bantu dalam pembelajaran atau biasa disebut media pembelajaran. 
Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan 
pembelajaran menarik dan inovatif. Pembelajaran yang menarik akan memberi 
motivasi siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Contoh media 
pembelajaran berbasis teknoligi dan informasi adalah KelasKita yang 
dikolaborasikan dengan web Desmos. KelasKita adalah jejaring sosial pribadi bagi 
guru dan siswa dengan platform sosial yang aman. Dengan model seperti situs 
jejaring sosial pada umumnya, KelasKita dapat menjadikan jaringan khusus bagi 
guru dan siswa untuk berbagi ide, berkas, peristiwa, dan tugas. Sedangkan web 
Desmos graphing calculator adalah web dan aplikasi berbasis kalkulator grafik 
yang berfokus pada pembuatan grafik. Dengan demikian kombinasi antara web
Desmos dengan KelasKita akan mengasilkan pembelajaran interaktif antara guru 
dengan siswa sehingga siswa dapat aktif dalam belajar terutama dalam membentuk 
kemandirian siswa dalam belajar terutama pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 
menghasilkan media pembelajaran interaktif online menggunakan KelasKita
berbantuan web Desmos pada materi program linier yang memenuhi kriteria valid, 
praktis, dan efektif. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model 
Thiagarajan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap 
perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran.Kegiatan pengembangan media pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan 
hasil yang valid, praktis, dan efektif. Hasil dari validasi media pembelajaran sebesar 
0,89 termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Berikutnya dilakukan uji coba 
setelah media pembelajaran dikatakan valid. 
Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPA 2 SMA 
Muhammadiyah 3 Jember pada tanggal 12 Februari 2019. Uji coba dilakukan untuk 
mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang kembangkan. 
Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode wawancara, 
metode angket, dan metode tes. Hasil pengembangan media pembelajaran pada 
penelitian ini sebagai berikut:
1) Kriteria kepraktisan ditunjukkan oleh persentase hasil angket respon siswa
terhadap media pembelajaran yang memperoleh nilai sebesar 85% , termasuk 
praktis dalam kategori “Sangat Baik”.
2) Kriteria keefektifan ditunjukkan oleh persentase siswa yang mendapat nilai lebih 
dari atau sama dengan nilai KKM yaitu 82,35% dari 34 siswa, termasuk efektif 
melebihi kriteria minimal keefektifan media pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa 
media pembelajaran interaktif online menggunakan KelasKita berbantuan web
Dsmos pada materi program linier telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan 
efektif