Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukowono 04 Jember
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowono 04 Jember tanggal 31 Agustus
2018. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian korelasi dan menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa pada kelas IV SDN
Sukowono 04 Jember yang dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji korelasi Product Moment
yang dibantu program SPSS versi 23.
Penelitian ini dalam pengujian hipotesis dengan taraf 5% menggunakan
korelasi product moment dan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Ditunjukkan oleh
hasil nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,843 > 0,308) dan koefisien determinasi
71%. Hal ini menunjukkan bahwa 71% perhatian orang tua memiliki kontribusi
terhadap hasil belajar siswa, sedangkan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang
dapat disampaikan adalah hendaknya orang tua lebih memperhatikan
perkembangan belajar siswa di rumah agar hasil belajar siswa menjadi lebih
optimal lagi. Bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan pertimbangan serta perlu
diperhatikan pula faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa dalam penelitian selanjutnya dan memperhatikan tindak lanjutnya.