Kebutuhan Belajar Tenaga Pengelola Perpustakaan Universitas Jember (Jember University Librarian Learning Needs)
Abstract
Kebutuhan belajar tenaga pengelola Perpustakaan Universitas Jember (UNEJ) merupakan
intepretasi kepedulian dan tanggungjawab sekaligus indikator profesionalisme bekerja.
Keberagaman kebutuhan akan sumber pustaka, latar belakang pendidikan dan status
kepegawaian menjadi pemicu kebutuhan belajar tenaga pengelola Perpustakaan UNEJ.
Berdasarkan keluhan pemustaka, diperlukan identifikasi kebutuhan belajar secara individual atau
kelompok agar apa yang disampaikan pendidik dalam proses pembelajaran dapat diterima dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar tenaga pengelola
Perpustakaan UNEJ. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dalam
peningkatan kualitas tenaga pengelola Perpustakaan UNEJ yang mengarah pada
motivasi pemenuhan kebutuhan belajar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif
kuantitatif persentase. Penelitian dilakukan di UPT Perpustakaan UNEJ tanggal 11
September - 11 Desember 2017. Sampel penelitian merupakan seluruh tenaga pengelola
Perpustakaan UNEJ sebesar 43 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan 20 pernyataan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan
belajar tenaga pengelola Perpustakaan UNEJ dalam kategori baik sebanyak 30 orang
(69,76%). dan kategori kurang sebanyak 13 orang (30,24%). Namun, di lain sisi, range
antara skor minimal (skor=45) dan maksimal (skor=95) kebutuhan belajar pemustaka tergolong besar, maka masih diperlukannya pendampingan dan dukungan motivasi
bagi tenaga pengelola Perpustakaan UNEJ untuk senantiasa meningkatkan kebutuhan
belajar sebagai perwujudan profesionalisme dalam bekerja
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]