• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sejarah DI Kelas XI SMA Dengan Model 4D

    Thumbnail
    View/Open
    Nanda Diyah Rahmawati-150210302089 #.pdf (6.253Mb)
    Date
    2019-05-08
    Author
    Diyah Rahmawati, Nanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pembelajaran sejarah yang direkomendasikan dalam kurikulum 2013. Namun berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis di kelas XI IPA 4 SMAN 1 Genteng diketahui bahwa: (1) 39,21% peserta didik kurang mampu dalam menganalisis argumenargumennya; (2) 34,68% peserta didik kurang mampu dalam mengambil keputusan dengan tepat dan cepat; (3) 36,56% peserta didik kurang mampu dalam menentukan kredibilitas suatu sumber; (4) 30,93% peserta didik kurang memiliki kemampuan dalam menyimpulkan dari beberapa konsep; dan (5) 29,37% peserta didik kurang memiliki kemampuan mendefinisikan asumsi, istilah, dan menjelaskan materi secara mendalam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpiki kritis peserta didik rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis berdasarkan analisis perfomansi di SMAN 1 Genteng, SMAN 2 Genteng, dan SMAN 1 Srono disebabkan karena kurangnya materi Spanyol dalam RPP, pendidik tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan ceramah, kurangnya bahan ajar, sumber belajar, dan evaluasi masih pada level memahami. Solusi perbaikan permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis problem based learning yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100279
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository