Nilai-nilai Moral Pada Film Animasi “Nussa dan Rara” sebagai Alternatif Media Pembelajaran Tema Menjelajah Luar Angkasa Subtema Keteraturan yang Menakjubkan Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Saat ini, tidak sedikit penyimpangan nilai moral yang dilakukan pelajar maupun mahasiswa. Beberapa perilaku yang bertentangan dengan nilai moral, norma, dan etika kerapkali kita temui di kalangan pelajar. Berbagai kondisi ini yang membuat pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional menilai bahwa perlu adanya upaya untuk menanamkan nilai nilai moral dan etika kepada para pelajar. Salah satu upaya ialah menekankan pendidikan moral yang tercantum pada kurikulum di setiap pembelajaran.
Tercetuslah kurikulum 2013, inovasi dari kurikulum ini ialah penekanan pada pendidikan karakter. Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Guru dapat menggunakan video atau film animasi untuk mendukung pembelajaran agar lebih menarik dan memberikan kesan tersendiri di ingatan dan kehidupan siswa. Film animasi “Nussa dan Rara” merupakan salah satu film yang dapat dijadikan media penanaman nilai moral. Hal ini dikarenakan film tersebut menarik, menceritakan keseharian anak-anak, bahasa yang digunakan mudah dipahami, mengandung nilai moral dan etika, serta mudah untuk mengakses film tersebut.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah: 1) apa sajakah muatan nilai moral pada film animasi “Nussa dan Rara” ; 2) bagaimanakah pemanfaatan film animasi “Nussa dan Rara” sebagai alternatif media pembelajaran tema Menjelajah Luar Angkasa subtema Keteraturan yang Menakjubkan kelas VI sekolah dasar ?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan dalam
x
penelitian ini berupa kalimat-kalimat pada dialog serta sikap yang dicontohkan oleh para tokoh yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara yang menunjukkan adanya nilai-nilai moral. Sumber data dalam penelitian ini adalah video film animasi Nussa dan Rara yang diunduh melalui situs laman Youtube.com. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada film animasi “Nussa dan Rara” terdapat nilai-nilai moral menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan (spiritual), hubungan manusia dengan dirinya sendiri (personal), hubungan manusia dengan sesama (sosial), dan hubungan manusia dengan lingkungan sekitar (alam). Secara terperici, nilai spiritual terdapat 1 nilai moral, nilai personal terdapat 9 nilai moral, nilai sosial terdapat 5 nilai moral, dan nilai alam terdapat 2 nilai moral
Film animasi “Nussa dan Rara” terbukti mengandung nilai-nilai moral sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran pada siswa kelas VI sekolah dasar yang tergambar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembelajaran yang terkait dengan pemanfaatan film animasi “Nussa dan Rara” yaitu pada tema 9 (Menjelajah Luar Angkasa), subtema 1 (Keteraturan yang Menakjubkan) pembelajaran 1.
Adapun saran yang dapat diberikan yakni (1) bagi pihak sekolah ialah sebagai penyelenggara pendidikan, hendaknya pihak sekolah menunjang sarana maupun prasarana dalam pemanfaatan media pembelajaran berupa film animasi “Nussa dan Rara”; (2) bagi guru penelitian ini dapat dijadikan variasi pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.9 dan 4.9 pada kelas VI sekolah dasar. Terutama dalam penggunaan media pembelajaran berupa film animasi “Nussa dan Rara”; (3) bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi maupun pembanding untuk penelitian selanjutnya agar penelitian lebih baik dari penelitian sebelumnya.