Pengaruh Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM), Program Diskon dan Empati Terhadap Keputusan Pembelian pada Klinik Kecantikan Natasha Skin Care Jember
Abstract
Bisnis Franchise di Indonesia semakin berkembang dengan cepat. Salah
satunya di bidang klinik kecantikan. Bisnis klinik kecantikan ini bisa dimiliki
seorang dokter maupun non dokter. Hal ini menyebabkan bisnis klinik kecantikan
di Indonesia saling berkompetensi dalam segala aspek baik dari segi pelayanan,
Treatment, pengobatan, SDM, kenyamanan tempat dan harga. Informasi
Electronic word of mouth, perancangan program diskon dan penciptaan empati
perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis klinik kecantikan untuk menyakinkan
dan mempengaruhi konsumen agar melakukan keputusan pembelian terhadap
produk dan perawatannya. Salah satu bisnis klinik kecantikan di Indonesia yaitu
Natasha Skin Care. Klinik kecantikan Natasha Skin Care menjadi top brand
selama 10 tahun dari tahun 2008 sampai tahun 2018. Hal ini juga membuat
Natasha Skin Care menjadi klinik kecantikan populer di wilayah Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya
pengaruh Electronic Word Of Mouth, program diskon dan empati terhadap
keputusan pembelian pada Natasha Skin Care Jember. Penelitian ini
menggunakan Explanatory Research dengan populasi yaitu konsumen yang
pernah menggunakan jasa klinik kecantikan Natasha Skin Care Jember. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan dan mengajukan kuesioner
kepada 75 responden yang merupakan konsumen Natasha Skin Care Jember.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Variabel
independen dari penelitian ini yaitu Electronic Word Of Mouth, program diskon
dan empati serta variabel dependent penelitian ini yaitu keputusan pembelian.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.
Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa Electronic Word
Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai
signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,026; Program diskon berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar
0,035; empati berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari
nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,004; sehingga dapat disimpulkan bahwa
Electronic Word Of Mouth, program diskon dan empati berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian pada Natasha Skin Care Jember.