Browsing by Title
Now showing items 56161-56180 of 87991
-
Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Tekanan Zat terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-30)Pendidikan dipandang sebagai bidang yang paling esensial guna mewujudkan kesejahteraan nasional. Pembelajaran IPA suatu metode yang menunjang siswa agar dapat menginterpretasikan konsep ilmiah (Safitri et al., 2021). ... -
PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 2 JEMBER
(2016-11-16)Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran fisika adalah suatu proses belajar mengajar untuk memperoleh pengetahuan yang meliputi ... -
Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di Kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-03)Siswa yang memiliki kecenderungan sulit untuk mandiri dalam belajar, sangat bergantung pada penjelasan guru, dan masih pasif adalah alasan mengapa pembelajaran berpusat pada guru sering dilakukan, misalnya ceramah atau ... -
Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020, 2020-09-17)Kurikulum 2013 menyarankan keutamaan penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan tematik integratif, dimana pendekatan tersebut mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai atau sikap pembelajaran serta ... -
Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tenggarang 1 Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-10-06)Pembelajaran matematika khususnya materi statistika, memerlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model Project Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ... -
Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 2023-06-22)The use of learning models that are not suitable creates a monotonous learning atmosphere and rarely evaluates student creativity so that students' creative thinking skills are low, it can be seen from the midterm assessment ... -
Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media E-Learning Berbasis Aplikasi Schoology Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-04-11)Pada era perkembangan IPTEK yang semakin pesat ini berdampak terhadap dunia pendidikan salah satunya pada pembelajaran geografi yang tidak terlepas dengan adanya teknologi. Pelajaran geografi harus diintegrasikan ... -
Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-16)Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan beberapa faktor yaitu guru masih belum optimal dalam menerapkan model, media, teknik, dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas. Model ... -
Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Prezi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-11-15)Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu komponen penting dalam tujuan pembelajaran dan keterampilan yang perlu dikembangkan pada mata pelajaran sejarah di abad ke-21. Tantangan abad 21 diharapkan dapat terjawab dengan ... -
Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-03-08)Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling area yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Jember semester ... -
Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Teori Kinetik Gas Terhadap Keterapilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di SMAN 5 Jember
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2023-01-16)Fisika dianggap mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Banyaknya rumus-rumus dalam menyelesaikan masalah fisika membuat siswa bingung untuk menentukan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Selain itu, ... -
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MAN 1 JEMBER
(2015-12-11)Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Dalam pembelajaran fisika, siswa lebih cenderung mempelajari konsep matematisnya, sedangkan untuk ... -
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN JEMBER
(2015-12-02)Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang juga dikenal dengan istilah sains merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berawal dari fenomena alam yang terdiri dari dua kombinasi unsur utama, yaitu proses dan produk. Pembelajaran IPA ... -
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2016-11-23)Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design dengan menggunakan desain post-test only control-group design. Tempat penelitian ditentukan melalui metode purposive sampling area, yaitu di SMA Negeri ... -
Pengaruh Model Project-Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Badean 1 Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-22)Strategi pembelajaran di abad 21 yang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif siswa serta pembelajaran yang berpusat kepada siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang dapat memberikan peran aktif siswa ... -
Pengaruh Model Project-based Learning berbasis Pemanfaatan Barang Bekas terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Kotakulon Bondowoso pada Materi Siklus Air
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-31)Kemendikbud merumuskan bahwa dalam strategi pembelajaran di abad-21 menguatkan proses pembelajaran yang menekan pada keterampilan berfikir kritis, kreatif & inovatif, kolaboratif, komunikatif dan bertumpu pada siswa Salah ... -
Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Sdn Rambipuji 02 Jember
(2019-10-11)Kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada ranah kognitif, tetapi juga menekankan pada ranah afektif dan psikomotorik. -
PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA NEGERI KALISAT
(2017-12-07)Quantum Learning Model with experiment method is a fun learning model designed by having entire dynamics to support it's learning goal completely and all connections, interaction and supportive aspects to optimize student's ... -
PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA NEGERI KALISAT
(2016-02-22)Fisika merupakan bagian dari IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) atau sains, sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis berupa penemuan, fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip serta prospek ... -
Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Alat Percobaan Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Sma
(2019-08-08)Pembelajaran abad 21 menuntut siswa bukan hanya memiliki pengetahuan tetapi juga harus memiliki suatu keterampilan agar dapat bersaing di era globalisasi, salah satunya pembelajaran fisika.