Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pengiriman Pada Kantor Cabang (Drop Point) J&T Express di Jember
Abstract
Hasil pengujian pengaruh citra merek terhadap kepuasan pengguna J&T
Express di Jember menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan karena
memiliki nilai thitung ≤ ttabel. Hal ini berarti bahwa semakin baik citra merek
yang dimiliki oleh J&T Express di Jember akan menyebabkan persepsi
pengguna terhadap perusahaan J&T Express di Jember akan semakin baik,
namun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap kepuasan yang dirasakan oleh
pengguna J&T Express di Jember. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis
satu (H1) ditolak, yang artinya citra merek (X1) tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna J&T Express di Jember (Y).
Hasil pengujian pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna J&T
Express di Jember menunjukkan pengaruh positif dan signifikan karena
memiliki nilai thitung ≥ ttabel. Hal ini berarti bahwa semakin baik kualitas
layanan yang diberikan oleh J&T Express di Jember akan menyebabkan
semakin tingginya kepuasan yang dirasakan oleh pengguna J&T Express di
Jember. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis dua (H2) diterima, yang
artinya kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pengguna J&T Express di Jember (Y).
Hasil pengujian pengaruh harga terhadap kepuasan pengguna J&T Express di
Jember menunjukkan pengaruh positif dan signifikan karena memiliki nilai
thitung ≥ ttabel. Hal ini berarti bahwa semakin baik harga yang diberikan oleh
J&T Express di Jember akan menyebabkan semakin meningkatnya kepuasan
yang dirasakan oleh pengguna J&T Express di Jember. Berdasarkan hal
tersebut maka hipotesis tiga (H3) diterima, yang artinya harga (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna J&T Express
di Jember (Y).