• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analis Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    Yudi Anggara Putra - 140210101050.pdf (6.122Mb)
    Date
    2019-05
    Author
    PUTRA, Yudi Anggara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika adalah proses interaksi antara guru dan peserta didik dalam suatu lingkungan belajar yang melibatkan pengembangan pola berfikir dan mengolah logika. Komunikasi matematis adalah aktivitas baik secara fisik maupun mental dalam mengekspresikan ide-ide matematika, merefleksikan dan mendemonstrasikan serta menggunakan bahasa dan simbol untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan matematika. Ada lima aspek komunikasi matematis yaitu representasi (representing), mendengar (listening), membaca (reading), diskusi (discussing), dan menulis (writing). Gaya belajar yaitu cara ternyaman yang dilakukan siswa dalam memperoleh informasi yang sedang dipelajari. Cara ternyaman yang dimaksud adalah kondisi paling nyaman dan pemanfaatan alat indera yang lebih peka. Jadi, gaya belajar adalah modalitas belajar yang merupakan cara setiap individu dalam menangkap informasi melalui indera dengan kecenderungan yang tidak sama. Berdasarkan cara menerima informasi, gaya belajar siswa dibagi ke dalam tiga tipe yaitu gaya belajar dengan tipe visual, gaya belajar dengan tipe kinestetik, dan gaya belajar dengan tipe auditorial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Jember dalam menyelesaikan soal Persamaan Linear Satu Variabel ditinjau dari gaya belajar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, soal Tes kemampuan komunikasi Matematis, rubrik penilaian tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Keseluruhan instrumen telah diuji validasi dan dinyatakan valid. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, tes, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Jember kelas VII D. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner penelitian kepada 36 responden siswa, setelah itu dilanjutkan dengan Tes komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan gaya belajar visual, memiliki kecenderungan mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dan lisan dengan tepat, mampu menginterpretasikan ide-ide matematis baik secara tulisan dan lisan dengan tepat, mampu menggunakan dan menyebutkan notasi atau simbol matematika untuk menyelesaikan permasalahan dengan langkah penyelesaian lengkap dan benar. 2) Siswa dengan gaya belajar audio, memiliki kecenderungan mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dan lisan dengan tepat, mampu menginterpretasikan ide-ide matematis baik secara tulisan dan lisan dengan tepat, cukup mampu menggunakan dan menyebutkan notasi atau simbol matematika untuk menyelesaikan permasalahan dengan langkah penyelesaian lengkap dan benar . 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik, memiliki kecenderungan kurang mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dan lisan dengan tepat, belum mampu menginterpretasikan ide-ide matematis baik secara tulisan dan lisan dengan tepat, tidak mampu menggunakan dan menyebutkan notasi atau simbol matematika untuk menyelesaikan permasalahan dengan langkah penyelesaian lengkap dan benar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96602
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository