Sistem Informasi Penentuan Paket Pembelian Produk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth Pada Kpri Jember
Abstract
Perekonomian saat ini tengah berkembang sangat pesat. Persaingan dalam duia bisnis mulai mengarah pada persaingan bebas yang semakin kompleks. Untuk mencapai hasil yang maksimal, konsumen harus detempatkan pada posisi teratas, strategi pemasaran perlu diatur untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi penentuan paket pembelian produk di sebuah koprasi. Sistem ini menggunakan algoritma Fp-Growth (Frequent Pattern growth) untuk menghasilkan informasi tentang paket pembelian produk dengan menangkap fenomena yang terjadi dalam transaksi penjualan. Implementasi algoritma Frequent Pattern Growth menggunakan PHP. Data hasil perhitungan algoritma Frequent Pattern Growth divisualisasikan dalam halaman website. Penerapan Algoritma Frequent Pattern Growth didukung dengan metode associtation rules untuk menghasilkan data yang lebih lengkap dan akurat. Prhitungan membutuhkan data masukan berupa minimum support dan minimum confidence untuk memproses data transaksi penjualan menjadi paket pembelian produk. Dengan memasukkan minimum support 1 dan minimum confidence sebesar 50. Hasil perhitungan didapatkan bahwa paket pembelian produk yang muncul sebanyak 10 paket dengan minimum support yang bermacam-macam berurutan dari produk pertama sampai produk terakhir. semakin besar minimum support dan minimum confidence yang dimasukkan maka semakin sedikit paket pembelian produk yang dihasilkan.