• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B2 Di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Mirna Tri Puspaningrum - 150210205125.pdf (2.603Mb)
    Date
    2019-07-11
    Author
    PUSPANINGRUM, Mirna Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B2 di TK Plus Al-Hujjah diperoleh data sebagai berikut, kegiatan membaca permulaan merupakan proses membaca pada tahapan awal yang sesuai dengan tahapan usianya. kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B2 di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Jember adalah sebagai berikut: Kemampuan membaca permulaan pada anak untuk mengenalkan keaksaraan yang sesuai dengan tahapan usianya, yaitu meliputi: Menyebutkan simbol-simbol huruf, anak sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf a-z secara beruntun tetapi terdapat 5 anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan huruf yang disebutkan secara acak, yakni huruf b, d, m, dan n. Mengenal suara huruf awal dari nama-nama benda, anak sudah mampu melakukannya tetapi beberapa anak juga masih kesulitan dalam membedakan huruf yang memiliki bentuk hampir serupa. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama, anak sudah mampu melakukannya dengan memahami masing-masing huruf yang memiliki bentuk huruf awalan yang sama untuk huruf x, y, v, w, dan z anak masih merasa kesulitan dalam mengenal huruf-huruf tersebut. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, anak sudah mampu melafalkan masing-masing huruf sesuai dengan bentuk hurufnya meskipun terdapat beberapa huruf yang masih kurang jelas dalam melafalkannya, yakni huruf r, f, dan v. Membaca nama sendiri, anak sudah mampu menghafal huruf-huruf yang terdapat pada namanya meskipun anak juga masih terbalik dalam menyebutkan satu per satu huruf. Memahami arti kata dalam cerita, anak mampu menceritakan kembali sebuah cerita sederhana tetapi terdapat 5 anak yang masih perlu adanya pendampingan dalam memahami cerita tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96520
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository