Pengaruh Employee Engagement, Penghargaan Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Turnover Intention Pada Hotel Ijen View Bondowoso
Abstract
Perusahaan merupakan organisasi yang memiliki tujuan untuk memperoleh
keuntungan. Tujuan perusahaan dapat dicapai jika sumber daya manusia yang
terlibat dapat memberikan kontribusi secara optimal. Perusahaan yang berhasil
hendaknya dapat mengelola sumber daya manusia dengan baik karena
permasalahan mungkin akan terjadi di masa yang akan datang seperti turnover
intention. Untuk menurunkan angka turnover intention, diharapkan perusahaan
dapat berkomitmen dalam mempertahankan karyawan agar tidak menghambat
untuk mencapai tujuan perusahaan.
Objek penelitian ini adalah karyawan Hotel Ijen View Bondowoso.
Penelitian ini merupakan explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan yang bersifat sebab akibat. Variabel independen dalam penelitian ini
yaitu employee engagement, penghargaan dan gaya kepemimpinan. Sedangkan
variabel dependen adalah turnover intention. Populasi dalam penelitian digunakan
sebagai sampel yang merupakan karyawan operasional Hotel Ijen View yang
berjumlah 98 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
kuesioner, observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan uji instrumen
(uji validitas dan uji reliabilitas), uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji
asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis
(uji t).
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 8,135 - 0,165
X1 - 0,279 X2 - 0,304 X3. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan
berlawanan antara employee engagement, penghargaan dan gaya kepemimpinan
terhadap turnover intention. Artinya semakin tinggi employee engagement,
penghargaan dan gaya kepemimpinan maka semakin rendah turnover intention.
Uji hipotesis menunjukkan bahwa employee engagement, penghargaan dan gaya
kepemimpinan berpengaruh terhadap turnover intention karyawan pada Hotel Ijen
View Bondowoso.