Pengaruh Customer Value dan Customer Experience serta Utilitarian Value terhadap Minat Pembelian Ulang (Klinik Kecantikan Larissa Jember)
Abstract
Orientasi pelanggan merupakan faktor kunci keberhasilan pemasaran
modern. Setiap organisasi atau perusahaan wajib menggunakan sudut pandang
konsumen dalam merencanakan dan mengorganisasikan aktivitas-aktivitas
pemasarannya. Agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka
perusahaan perlu memahami perilaku konsumen. Perilaku konsumen akan
mempengaruhi keputusan pembelian. Setelah mengkonsumsi produk konsumen
akan merasa puas atau tidak, jika puas konsumen berpeluang besar untuk
melakukan pembelian ulang di lain waktu. Demikian pentingnya penilaian
konsumen dan pengalaman yg didapat konsumen selama melakukan pembelian
produk dan penilaian konsumen yang akan mempengaruhi adanya minat untuk
melakukan pembelian ulang. Untukmenarik konsumen untuk melakukan
pembelian ulang, para pemasar sebaiknya juga memahami motivasi konsumen
melakukan pembelian, ketika konsumen berpikir secara rasional mengenai
kebutuhannya atau dikenal dengan utilitarian value. Hal ini berpengaruh terhadap
perilaku konsumen dalam pemilihan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan
dari konsumen itu sendiri.
Salah satu bisnis yang sedang berkembang saat ini adalah bisnis klinik
kecantikan atau biasa disebut dengan istilah skincare. Klinik kecantikan adalah
suatu usaha komersial, yang menyediakan jasa perawatan tubuh dan dikelola
secara profesional. Untuk menghadapi persaingan, setiap perusahaan dituntut
untuk selalu peka terhadap perubahan- perubahan yang terjadi pada pasar dan
mampu menciptakan ide-ide yang kreatif agar produk dan jasa yang
ditawarkannya dapat menarik bagi konsumen, sehingga apa yang diinginkan oleh konsumen dapat dipenuhi dan perusahaan dapat menghadapi dan bertahan
ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat. Peneliti melakukan observasi
terhadap minat pembelian ulang di Klinik Kecantikan Larissa Jember yang
meningkat. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa customer value dan customer
experience di Klinik Kecantikan Larissa dinilai cukup baik. Namun utilitarian
value belum secara pasti diketahui karena motivasi yang timbul dari masingmasing
konsumen bisa saja berbeda-beda
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
menguji dan menganalisis pengaruh signifikan customer value, dan customer
experience seta utilitarian value terhadap minat pembelian ulang secara parsial
terhadap minat pembelian ulang konsumen Klinik Kecantikan Larissa Jember.
Objek pada penelitian ini adalah konsumenKlinik Kecantikan Larissa Jember
yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali. Sampel dari penelitian ini
berjumlah 122 responden, dengan jumlah indikator variabel yaitu 14. Metode
analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, 1). Hasil pengujian regresi
berganda atas pengaruh customer value terhadap minat pembelian ulang
menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan bahwa customer
value yang baik akan meningkatkan minat pembelian ulang. 2). Hasil pengujian
regresi berganda atas pengaruh customer experience terhadap minat pembelian
ulang menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan bahwa
customer experience yang baik akan meningkatkan minat pembelian ulang. 3).
Hasil pengujian regresi berganda atas pengaruh utilitarian value terhadap minat
pembelian ulang menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini
membuktikan bahwa utilitarian value yang baik akan meningkatkan minat
pembelian ulang.