Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Word of Mouth (Wom) Melalui Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Wisata Waterboom Situbondo
Author
RAHMATULLAH, Hanifa Zulfa
Metadata
Show full item recordAbstract
Rekreasi dan hiburan telah menjadi unsur penting dalam masyarakat
modern di perkotaan, Berkembangnya zaman padatnya aktifitas dan tingginya
tuntutan hidup serta tingkat stress sehingga membuat kebutuhan masyarakat akan
rekreasi dan hiburan semakin meningkat. Perubahan perilaku dan cara pandang
masyarakat mendorong kegiatan berekreasi tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan
semata, tetapi sudah menjadi bagian dari life style atau gaya hidup, perkembangan
usaha khususnya dalam bidang objek wisata sangat pesat sehingga terjadi
persaingan antar produsen untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta
memberikan kepuasan pelanggan secara maksimal,
Terciptanya kepuasan konsumen dapat memberikan beberapa manfaat, di
antaranya hubungan antara perusahaan dan konsumennya menjadi harmonis,
memberikan dasar yang baik bagi terciptanya kepuasan konsumen dan pembelian
ulang, baik melalui rekomendasi dari mulut ke mulut (Word of Mouth) atau
promosi langsung yang menguntungkan bagi perusahaan dan mengarah pada
semakin meningkatnya jumlah konsumen baik dengan melakukan upaya
pemasaran yang ekspansif maupun secara intensif.
karakteristik masalah yang diteliti dalam penelitian ini dapat
diklasifikasikan sebagai explanatory research. jenis penelitian ini menggunakan
explanatory research yaitu metode penelitian untuk meneliti ada tau tidaknya pola
hubungan antara dua variabel atau lebih. Jenis penelitian explanatory di gunakan
untuk menguji dua variabel bebas (kualitas layanan dan harga), variabel
intervening (kepuasan pelanggan) dan variabel terikat (Word of Mouth).
Selanjutnya agar tujuan penelitian dapat dicapai. Maka data dikumpulkan dengan
metode kueisioner.
Untuk menganalisis hubungan kausal antar variabel dan menguji hipotesis
dalam penelitian ini secara sistematis, maka alat analisis yang digunakan yaitu
analisis jalur (path analysis) diolah dengan bantuan program spss (statistic
program for social sciences). Path analysis akan dilakukan estimasi pengaruh
kausal antar variabel dan kedudukan masing-masing variabel dalam jalur baik
secaralangsung maupun tidak langsung.
Hasil analisis jalur (path analysis) pada kualitas pelayanan dan harga
terhadap word of mouth pelanggan melalui kepuasan pelanggan dalam penelitian
ini juga terbukti. Hal ini terbukti dimana terjadi peningkatan jika kedua variabel
(kualitas pelayanan dan harga) menjadikan kepuasan pelanggan sebagai variabel
perantara.