Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Lembaga Terhadap Tingkat Kepercayaan Donatur Dan Perlakuan Akuntansi Infaq Berdasarkan Persepsi Donatur (Studi Empiris Pada Laz Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember)
Abstract
Infaq merupakan harta yang harus dikeluarkan oleh seseorang atau badan
usaha guna untuk kemaslahatan umum. Infaq menjadi salah satu upaya yang dapat
memberikan kontribusi positif bagi masyarakat maupun negara. Bagi negara,
infaq dapat membantu terciptanya pemerataaan pendapatan yang lebih baik dan
dapat mengurangi jumlah kemiskinan yang ada di Indonesia. Upaya untuk
mengurangi kemiskinan tersebut salah satu caranya adalah dengan
mengoptimalkan jumlah pembayaran infaq yang akan diberikan oleh donatur.
Untuk dapat mengoptimalkan dana infaq tersebut, terlebih dahulu lembaga amil
zakat harus dapat menumbuhkan rasa percaya donatur terhadap lembaga amil
zakat. Disamping lembaga amil zakat dituntut untuk dapat menumbuhkan
kepercayaan donatur, lembaga amil zakat juga harus memperhatikan bagaimana
perlakuan akuntansi infaq tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti
bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang persepsi donatur di LAZ
YDSF Jember terhadap pengaruh akuntabilitas, transparansi, kualitas pelayanan,
dan citra lembaga terhadap tingkat kepercayaan donatur dan perlakuan akuntansi
infaq berdasarkan persepsi donatur.
Populasi penelitian adalah seluruh donatur infaq yang terdapat di LAZ
YDSF Jember dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60
sampel donatur infaq di LAZ YDSF Jember. 60 donatur infaq ini terdiri atas
donatur yang bekerja di SD Islam Al-Furqan, PT Indomarco Adi Prima, dan RSD
Kalisat. Teknik penarikan sampel menggunakan porpussive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian
ini menggunakan statistik deskriptif, uji outer, dan uji inner dengan menggunakan
pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh positif tidak signifikan akuntabilitas terhadap tingkat
kepercayaan donatur, terdapat pengaruh positif tidak signifikan transparansi
terhadap tingkat kepercayaan donatur, terdapat pengaruh positif secara signifikan
kualitas pelayanan terhadap tingkat kepercayaan donatur, terdapat pengaruh
positif secara signifikan citra lembaga terhadap tingkat kepercayaan donatur,
terdapat pengaruh negatif tidak signifikan akuntabilitas terhadap perlakuan
akuntansi infaq berdasarkan persepsi donatur , terdapat pengaruh positif secara
signifikan transparansi terhadap perlakuan akuntansi infaq berdasarkan persepsi
donatur, terdapat pengaruh positif secara signifikan kualitas pelayanan terhadap
perlakuan akuntansi infaq berdasarkan persepsi donatur, dan terdapat pengaruh
positif tidak signifikan citra lembaga terhadap perlakuan akuntansi infaq
berdasarkan persepsi donatur.