ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA JASA DEKORASI PERNIKAHAN UD. SARWO NUGROHO DI KABUPATEN JEMBER
Author
CAESARNINGTYAS, Ayul Kusuma
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menentukan perumusan
prioritas strategi pemasaran UD. Sarwo Nugroho yang tepat dan efektif agar
memiliki keunggulan kompetitif di bidang bisnis. Jenis penelitian yang digunakan
adalah action research dimana penelitian ini menggambarkan mendeskripsikan,
menginterpretasi dan menjelaskan suatu situasi dengan melakukan perubahan
dengan tujuan perbaikan. Gambaran tersebut mengenai kondisi objek baik internal
maupun eksternal secara alamiah dan objektif dengan menggunakan Tahap Input
(Matriks IFAS, Matriks EFAS), Tahap Pencocokan (Matriks Internal – Eksternal),
Tahap Implementasi (Matriks SWOT).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Analisis SWOT, yang
menggunakan Matriks EFAS , matriks IFAS, Matriks SWOT, dan Matriks IE
(Internal-Eksternal), faktor eksternal dengan skor tertinggi yang mempengaruhi
perkembangan UD. Sarwo Nugroho adalah faktor peluang yaitu memiliki
konsumen loyal, sedangkan ancaman tertinggi yaitu persaingan di kabupaten
Jember. Faktor internal dengan skor tertinggi adalah faktor kekuatan yaitu harga
fleksibel, sedangkan kelemahan dari UD. Sarwo Nugroho adalah promosi kurang.
Hasil analisis data pada tahap pencocokan dengan menggunakan Matriks internaleksternal
dan analisis SWOT menunjukan bahwa UD. Sarwo Nugroho berada
pada sel V, dimana sel V digambarkan sebagai kondisi tumbuh dan
mempertahankan, maka strategi yang tepat untuk UD. Sarwo Nugroho ini adalah
strategi pengembangan produk.