ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERAN GANDA PADA PEDAGANG WANITA DI PASAR KEPATIHAN JEMBER
Author
Fadhilah, Intan Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Dengan adanya masalah dalam perekonomian keluarga maka melibatkan
seorang ibu rumah tangga untuk berperan dalam mengambil keputusan dalam
masalah tersebut. Ibu rumah tangga yang memiliki latar pendidikan yang minim
membuat sejumlah Ibu rumah tangga mencari pekerjaan yang sesuai dengan
kemampuan yang dimilikinya maka cenderung memilih menjadi pedagang
sebagai upaya memperoleh pendapatan tambahan untuk membantu memenuhi
kebutuhan keluarga. Seorang istri yang berprofesi sebagai pedagang tentunya
memiliki peran ganda.
Dengan begitu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan
menganalisis apa saja faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan
peran ganda pada pedagang wanita di Pasar Kepatihan Jember. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian exploratory research dan explanatory research.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 responden. Metode analisis yang
digunkan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 17 observed variable terbentuk
7 faktor baru, yaitu faktor ekonomi sosial, faktor tanggung jawab, faktor motivasi,
faktor sumber daya usaha, faktor tanggungan, faktor waktu luang, dan faktor
peluang usaha. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 7 faktor tersebut
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan peran
ganda pada pedagang wanita di Pasar Kepatihan Jember. Saran dari penelitian ini
bahwa ketujuh faktor yang terbentuk dapat dikembangkan lagi atau masih banyak
faktor lain yang bisa diperkuat sehingga tidak semata-mata dari ketujuh faktor
tersebut, tetapi bisa dari faktor lain, sehingga apabila tanpa ketujuh faktor ttersebut, tetapi bisa dari faktor lain, sehingga apabila tanpa ketujuh faktor tersebut
pedagang wanita akan tetap memiliki kecenderungan menjadi pedagang.