PENGARUH PRIOR EXPERIENCE, HARGA, DAN MEDIA PENCARIAN TERHADAP BRAND SWITCHING BAN SEPEDA MOTOR
Author
SANJAYA, ARIF TIPE
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertambahan pemakaian sepeda motor ini juga sangat dirasakan oleh
produsen suku cadang, salah satunya adalah ban. Ban merupakan bagian penting
dalam sepeda motor yang fungsinya sangat fital karena menyangkut kenyamanan
dan keselamatan dalam berkendara. Dengan cuaca di Indonesia yang memiliki dua
musim yaitu musim panas dan hujan, para produsen ban di tuntut meningkatkan
kualitas ban agar dapat digunakan pada saat musim panas dan hujan dengan
memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research), karena penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan hubungan kausal
(sebab-akibat) antar variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada
klub motor di wilayah Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui
secara pasti sehingga pengambilan sampel ditentukan dengan total variabel
dikalikan 20 parameter untuk pengambilan sampel n = 4 × 20 = 80, sementara
pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan
menggunakan kuesioner sementara analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prior experience (x) berpengaruh
secara signifikan (nyata) terhadap brand switching. Harga (x) berpengaruh secara
signifikan (nyata) terhadap brand switching. Media pencarian (x) berpengaruh
secara signifikan (nyata) terhadap brand switching. Prior experience, harga dan
media pencarian berpengaruh secara simultan terhadap brand switching.