• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B3 MELALUI METODE KEGIATAN BERMAIN DADU DI TK KARTIKA IV-73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    DEBBY ADELITA FEBRIANTI P_1.pdf (3.659Mb)
    Author
    PURNAMASARI, DEBBY ADELITA FEBRIANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mengenalkan bentuk geometri kepada anak usia dini diharapkan akan membantu perkembangan anak dalam mengenal dan memahami, menggambarkan dan mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk yang ada di sekitar anak. Dan secara tidak langsung anak dapat belajar matematika. Berdasarkan hasil observasi di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dalam pengenalan bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok B3 diperoleh kenyataan bahwa masih rendah. Hal ini karena kurangnya pembiasaan pengenalan bentuk-bentuk geometri, yaitu kurangnya metode demonstrasi yang diberikan oleh guru sehingga anak kurang mengenal bentuk geometri, pembelajaran di kelas seperti pemberian tugas terkesan monoton dan kurang menarik. Kegiatan bermain yang dapat meningkatkan kemampuan meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak yaitu melalui metode kegiatan bermain dadu. Dadu telah dimodifikasi yaitu mengganti noktah dengan bentuk-bentuk geometri. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan metode kegiatan bermain dadu untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B3TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah proses peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometrimelalui metode kegiatan bermain dadu pada anak keompok B3 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses penerapan metode kegiatan bermain daduyang dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B3 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui metode kegiatan bermain dadu pada anak kelompok B3 di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 yang berjumlah 19 anak, yang terbagi atas 8 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Proses penerapan metode kegiatan bermain dadu untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B3 di TK Kartika IV-73 tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru (peneliti) mendemonstrasikan bentuk geometri dan memberi contoh benda nyata yang ada di kelas, kemudian guru mendemonstrasikan cara bermain dadu, anak bermain dadu dan mengerjakan tugas yang diberikan.Namun masih ada beberapa anak yang belum bisa bermain dadu dan mengucapkan bentuk geometri dengan benar karena penjelasan dari guru yang sulit dipahami anak. Sehingga dilakukan siklus II dengan ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B3 di TK Kartika IV-73 tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 49,54, siklus I 73,57, dan siklus II meningkat menjadi 90,31. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri bisa menggunakan metode kegiatan bermain dadu dalam pembelajaran peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri.Kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan metode teknik bermain dadu pembelajaran peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri , dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94631
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12455]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository