• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PEGAWAI PDAM KABUPATEN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Michael Beta Manuruk.pdf (5.042Mb)
    Author
    Manuruk, Michael Beta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan salah satu aspek sumber daya manusia atau karyawan yang penting dalam mendukung terlaksananya tujuan organisasi. OCB ini dapat terjadi apabila setiap pegawai memiliki kepuasan dalam bekerja. Kepuasan kerja merupakan refleksi dari perasaan dan sikap individu terhadap pekerjaannya, yang merupakan interaksi antara yang bersangkutan dengan lingkungan kerjanya Selain itu, penerapan budaya organisasi yang baik dapat meningkatkan jiwa gotong royong, kekeluargaan, dan komunikasi yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan kepuasan kerja dan OCB. Faktor lain yang dinilai dapat mempengaruhi OCB dan kepuasan kerja adalah komitmen organisasi. PDAM Kabupaten Bondowoso merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang masuk dalam kategori penyelenggara pelayanan yang tugasnya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Bondowoso. Dalam hal ini pegawai PDAM Kabupaten Bondowoso merupakan ujung tombak perusahaan yang menjadi salah satu kunci pelayanan dari PDAM. Hal tersebut menjadikan perilaku pegawai memainkan peranan penting dalam pelayanan. Pegawai PDAM Kabupaten Bondowoso dituntut harus bisa memberikan pelayanan kepada konsumen dengan responsif tanpa mengeluhkan bagaimana pun kondisi dan keadaan pekerjaan. Dengan tuntutan seperti itu, pegawai PDAM merupakan salah satu dari elemen perusahaan yang sangat membutuhkan perilaku-perilaku dari dimensi OCB. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bondowoso.Sebanyak 102 sampel digunakan dengan memanfaatkan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Path Analysis (Analisis jalur). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (Z), variabel komitmen organisasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (Z), variabel budaya organisasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap OCB (Y), variabel komitmen organisasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap OCB (Y), dan variabel kepuasan kerja (Z) berpengaruh signifikan terhadap OCB (Y).
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94609
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository