• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Menyelesaikan Permasalahan Local Antimagic Vertex Coloring Dalam Research Based Learning

    Thumbnail
    View/Open
    Nuris Hisan Nazula - 150220101002_.pdf (2.973Mb)
    Date
    2019-03
    Author
    NUZULA, Nuris Hisan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian diawali dengan memberikan pre-test pada dua kelas, dimana satu kelas menjadi kelas kontrol dan satu kelas menjadi kelas eksperimen. Masing- masing kelas terdiri dari 36 mahasiswa. Kemudian kedua kelas diberi materi local antimagic vertex coloring dengan pembelajaran yang berbeda. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran RBL sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Selama pembelajaran RBL dilakukan observasi untuk melihat keaktifan mahasiswa. Setelah itu kedua kelas diberi post-test. Langkah terakhir adalah wawancara. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang diketahui dari hasil tes homogenitas nilai pre-test kedua kelas. Kemudian hasil dari independent sample t-test nilai posttest diketahui bahwa kedua kelas memiliki perbedaan yang signifikan dimana kelas ekperimen memiliki rata-rata lebih tinggi. Dari hasil observasi juga diketahui bahwa mahasiswa dalam kelas eksperimen sebagian besar aktif mengikuti pembelajaran. Dari hasil analisis kualitatif, ditemukan pada aspek kefasihan sebanyak 22 mahasiswa memiliki keterampilan sangat baik, 11 mahasiswa memiliki keterampilan baik, dan 3 mahasiswa memiliki keterampilan kurang baik. Pada aspek fleksibilitas didapatkan 17 mahasiswa memiliki keterampilan sangat baik, 14 mahasiswa memiliki keterampilan baik, dan 5 mahasiswa memiliki keterampilan kurang baik. Pada aspek kebaruan didapatkan 14 mahasiswa memiliki keterampilan sangat baik, 13 mahasiswa memiliki keterampilan baik, dan 9 mahasiswa memiliki keterampilan kurang baik. Dari hasil wawancara pada 3 mahasiswa diperoleh alur berpikir dari mahasiswa dengan keterampilan sangat baik, baik, dan kurang baik. Mahasiswa dengan keterampilan berpikir sangat baik memenuhi semua indikator pada masingmasing aspek dari keterampilan berpikir kreatif kreatif. Mahasiswa dengan keterampilan berpikir kreatif baik memenuhi sebagian besar indikator pada masingmasing aspek. Sedangkan mahasiswa dengan keterampilan berpikir kreatif kurang baik hanya memenuhi sebagian kecil indikator.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94298
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository