• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Novitasari Nurhadi - 150210204055_.pdf (5.175Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    NURHADI, Putri Novitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual. Pada pembelajaran ini siswa berperan aktif, guru hanya menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan dan memberikan bimbingan serta motivasi pada siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD?”. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dijelaskan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian yang dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Jember, dilaksanakan sejak tanggal 26 Januari sampai dengan 6 Februari 2019. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IVB berjumlah 31 siswa dan IVC terdiri dari 29 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola eksperimen semu menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan berupa nilai setelah perlakuan pada ranah kognitif pada kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas kelas IVB sebagai kelas kontrol dan IVC sebagai kelas eksperimen. Langkah awal yang dilakukan oleh peneliti sebelum menentukan kelas eksperimen dan kontrol yaitu melakukan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan menggunakan nilai pretest siswa kelas IVA dan IVB. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, dapat diketahui koefisien F diperoleh sebesar 0,572 Hal tersebut menunjukkan bahwa koefisien F lebih besar daripada 0,05 (0,572 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut yaitu kelas IVB dan IVC tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan perlakukan kondisinya adalah homogen. Data yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen (IVC) dan kontrol (IVB) dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 21, diperoleh nilai rata-rata nilai posttest ranah kognitif pada kelas eksperimen sebesar 72,82, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 62,24. Hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan program SPSS versi 21 diperoleh hasil t sebesar 3,588. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel hitung , diketahui db = (29 + 31) – 2 = 58 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t = 2,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel ix tabel yaitu 3,588 > 2,000. Perhitungan uji keefektifan relatif (ER), dapat diketahui bahwa pencapaian hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning saat pembelajaran menunjukkan hasil 43% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tema cita-citaku. Uji keefektifan relatif (ER) dari ranah kognitif sebesar 43% menunjukkan kategori keefektifan sedang. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model belajar konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94247
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository