Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Android Berbantuan Software Construct 2 Pada Pola Bilangan
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi membawa dampak
yanng besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah
pendidikan. Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kualitas
pendidikan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju
seiring dengan perkembangan zaman. Media pembelajaran yang menarik
diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat mempermudah guru
dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Salah satu media pembelajaran yaitu
berupa game yang berguna dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, tetapi
belum banyak game yang berfungsi sebagai pembelajaran di sekolah. Oleh karena
itu diperlukan berbagai inovasi kreatif dalam menciptakan game edukasi sebagai
media pembelajaran di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran matematika materi pola bilangan dengan
berbantuan software construct 2 berbasis game android. Proses pengembangan
pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan
yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap
penyebaran.
Uji coba dilakukan kepada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Jember. Uji coba
dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang
dikembangkan. Uji coba dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019 di kelas
VIII E SMP Negeri 4 Jember yang terdiri dari 30 Siswa. Pada hari Rabu tanggal 17
Juli 2019, aktivitas yang dikerjakan di kelas adalah proses pembelajaran denggan
menggunakan media pembelajaran berbasis game android pada materi dasar pola
bilangan. Setelah proses pembelajaran berakhir, siswa diberikan angket respon
pengguna. Dikemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar diawasi dengan Guru secara langsung. Terdapat 5 soal isian yang dikerjakan oleh siswa dalam waktu 25
menit.
Hasil dari pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini yaitu
sebuah media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Valid ditunjukkan dari tahap validasi oleh para validator yang terdiri dari dua Dosen
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember dan seorang guru matematika
SMP Negeri 4 Jember. Hasil validasi media pembelajaran game edukasi yang
terdiri dari 3 aspek yaitu Isi (materi dan soal), bahasa, dan format termasuk kategori
valid dengan rata-rata 4,38 atau nilai koefisien korelasi 0,876 termasuk kategori
sangat tinggi. Analisis selanjutnya adalah analisis kepraktisan dengan
menggunakan angket respon pengguna. Dari hasil angket respon pengguna
diperoleh presentase sebesar 86%. Pada tahap terakhir adalah pelaksanaan tes hasil
belajar siswa sebagai alat untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran yang
dikembangkan dan didapatkan presentase 90%. Dari hasil beberapa analisis diatas
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis game android
berbantuan software construct 2 memiliki kategori intepretasi validasi “sangat
tinggi”, nilai kepraktisan “t inggi” dan nilai keefektifan “sangat tinggi” serta layak
untuk digunakan sebagai media pembelajaran.