Analisis Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Kelompok B Berbasis Pendidikan Karakter di Tk Darus Sholah , Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Manajemen dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya
untuk mengelola, mengatur dan mengarahkan proses interaksi antara anak didik
dengan guru dan lingkungan secara teratur untuk mencapai tujuan Pendidikan Anak
Usia Dini. Tujuan manajemen PAUD yaitu untuk mengelola lembaga secara efektif
dan efisien. Manajemen adalah seperangkat aktivitas yang meliputi perencanaan dan
pengambilan keputusan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang
dilaksanakan langsung oleh suatu daya organisasi (manusia, uang, benda-benda fisik,
dan informasi).
Pendidikan karakter yang ditanamkan di TK Darus Sholah tersebut mencakup
empat aspek yaitu, aspek spiritual, aspek personal atau kepribadian, aspek sosial, dan
aspek lingkungan. Penanaman nilai-nilai karakter diberikan melalui keteladanan,
pembiasaan, dan pengulangan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang
akan dibentuk di TK Darus Sholah adalah cinta kepada Allah, kejujuran, disiplin,
toleransi dan cinta damai, percaya diri, mandiri, tolong menolong, kerja sama dan
gotong royong, hormat dan santun, tanggung jawab, kerja keras, kepemimpinan,
keadilan, kreatif, rendah hati, peduli lingkungan, cinta bangsa dan tanah air.
Pendidikan karakter diatas merupakan target yang ingin dicapai oleh sekolah melalui
manajemen pembelajaran. Aspek proses pembelajaran pendidikan karakter anak usia
dini di TK Darus Sholah menggabungkan nilai-nilai pembentuk karakter melalui
kegiatan terprogram yang dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan
penutup.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah manajemen
pembelajaran anak usia dini kelompok B berbasis pendidikan karakter di TK Darus
Sholah Tahun Pelajaran 2018/2019?” Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini
kelompok B berbasis pendidikan karakter di TK Darus Sholah Tahun Pelajaran
2018/2019.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian yakni pengelola pembelajaran berbasis pendidikan karakter TK Darus
Sholah Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun
pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu
pengelola pembelajaran dan informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik
analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data,
dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan
karakter anak usia dini di TK Darus Sholah, terdiri dari aspek perencanaan/persiapan
dimana guru merancang PRRH, RPPM, PROTA, dan PROMES didalamnya terdapat
kegiatan pembelajaran yang dapat membentuk karakter anak, aspek proses
pelaksanaan pembelajaran dikaitkan dengan tempat dan media yang dibutuhkan untuk
membentuk pendidikan karakter anak. Aspek evaluasi pembelajaran di TK Darus
Sholah belum diaplikasikan dengan tindak lanjut, karena evaluasi yang dilaksanakan
disana hanya evaluasi pembelajaran biasa, seperti mengulang kembali pembelajaran
sebelumnya.
Saran yang diberikan dalam manajemen pembelajaran berbasis pendidikan
karekter hendaknya memberikan pembelajaran yang menyenangkan, memodifikasi
suatu pembelajaran agar lebih menarik, pembelajaran selalu dilaksanakan dengan
berpedoman pada tingkat atau tahapan perkembangan anak, dan aktifitas
pembelajaran benar-benar memberikan dampak positif yang optimal pada berbagai
aspek perkembangan anak melalui tinda lanjut dari evaluasi yang dilakukan.