Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al-Ghoffar Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Kosakata yang
awalnya tidak ketahui anak, setelah diberikan perlakuan atau treatment ternyata
memiliki peningkatan. Terutama untuk kelompok B TK Al-Ghoffar Muncar
Kabupaten Banyuwangi sebagai kelompok eksperimen yaitu kelompok B2. Nilai
rata-rata kelompok eksperimen sebelum perlakukan (treatment) sebesar 59,03,
setelah diberikan treatment berupa buku cerita bergambar penguasaan kosakata
meningkat dengan rata-rata sebesar 81,25. Pada kelompok kontrol sebelum
treatment sebesar 59.72 setelah diberikan treatment berupa media kertas
bergambar penguasaan kosakata meningkat dengan rata-rata sebesar 69.44. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar yang diterapkan dikelas
eksperimen lebih berpengaruh terhadap penguasaan kosakata anak usia dini
dibandingkan media kertas bergambar yang diterapkan pada kelas kontrol di Tk
Al-Ghoffar Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.