Penerapan Model Pembelajaran Icare Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Ak 2 Smk Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ICARE dan untuk mengetahui
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember pada mata pelajaran
akuntansi kompetensi dasar posting semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindak,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa pada kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan
diterapkannya model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. pada siklus I
aktivitas siswa dalam kategori sedang dengan skor 2,5 meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi
dengan skor 3,1. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh
siswa 76,9 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 76,6% meningkat pada siklus II menjadi 83,3 dengan
ketuntasan belajar secara klasikal 86,6%.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]