Copywriting (Modul Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital)
Abstract
Copywriting merupakan kegiatan menulis teks pemasaran, agar pemasaran yang
dilakukan menjadi lebih menarik. Tidak hanya dalam bisnis, copywriting dapat juga
diterapkan dalam kegiatan promosi perpustakaan.
Mungkin, ada pendapat yang mengatakan bahwa tanpa copywriting pun, kita
masih bisa berpromosi. Pendapat itu memang benar, namun dengan
menggunakan copywriting yang baik, akan membuat sebuah promosi menjadi
lebih efektif.
Copywriting bukanlah hal yang baru, namun bagi dunia perpustakaan mungkin
merupakan sesuatu yang baru. Tetapi sangat mungkin untuk diterapkan dalam
promosi perpustakaan.
Copywriting merupakan hal yang penting dalam promosi, namun dalam sebuah
promosi memerlukan hal lain selain copywriting. Karena ada hal yang lebih penting
daripada copywriting.
Hal yang lebih penting itu adalah target market atau target pemasaran kita.
Mungkin kita sudah menulis copywriting terbaik di dunia, namun jika kita tidak bisa
membidik target kita dengan tepat maka itu akan menjadi percuma.
Sehingga, sangat penting untuk menggunakan bahasa promosi dengan bahasa
target kita. Selain itu, perlu diperhatikan pemilihan jenis media copywriting yang
sesuai dengan target. Karena setiap media, berbeda juga copywriting-nya.
Mengenai target promosi, dibahas pada modul perancangan program promosi
perpustakaan berbasis digital.
Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah waktu. Kapan kita akan melakukan
promosi? Terutama ketika kita melakukan promosi di media sosial menggunakan
promosi berbayar.
Kemudian desain promosi yang kita buat. Karena meskipun copywriting kita
sangat baik, tetapi jika desain promosi kita kurang menarik, maka akan sulit
menarik perhatian target promosi kita.
Collections
- LSP-Texbook [216]