Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99925
Title: Technological Content Knowledge (Tck) Pendidik Sejarah DI Kabupaten Jember
Authors: Na’im, Mohammad
Putri Nirmala Puji, Rully
Hidayah, Bidayatul
Keywords: Technological Content Knowledge
Issue Date: 6-May-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No 74 Tahun 2008 tentang Guru bahwa kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Kompetensi professional meliputi kemampuan pendidik dalam menguasai dan mengintegrasikan antara penguasaan materi ajar, teknologi serta budaya yang diampunya. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 22 Tahun 2016 bahwa proses pembelajaran dapat dilakukan dengan salah satu prinsip pembelajaran yakni memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan guru besar Institut Teknologi Surabaya (ITS) terhadap guru di sejumlah sekolah di Jember mulai SD, SMP, SMA dan SMK menunjukkan, hanya 30 persen guru yang kreatif dan melek Teknologi Informasi. Sisanya, sebanyak 70 persen guru tidak kreatif. Mereka masih mengajar dengan teknik konvensional, tanpa menggunakan Teknologi Informasi, dalam riset tersebut juga didapatkan data, banyak murid yang menilai guru mereka gaptek (gagap teknologi) dan telmi (telat mikir). Berdasarkan observasi di tiga SMA negeri yang ada di Kabupaten Jember diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan pendidik dalam pembelajaran sejarah terpaku pada buku paket atau Lembar Kerja Siswa (LKS). Beberapa pendidik ada yang tidak dapat menggunakan komputer atau laptop sehingga tidak dapat membuat media power point untuk mengajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99925
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Bidayatul Hidayah-150210302062 #.pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools