Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99680
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHANDAYANI, Dwining-
dc.contributor.authorHUDA, Nurul-
dc.contributor.authorCAHYONO, Bagus Dwi-
dc.date.accessioned2020-07-10T07:08:09Z-
dc.date.available2020-07-10T07:08:09Z-
dc.date.issued2019-12-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99680-
dc.description.abstractKomponen utama dalam pembelajaran terutama di laboratorium adalah penggunaan bimbingan oleh para fasilitator klinis mengenai suatu keterampilan. Selama ini ketrampilan yang dilakukan mahasiswa Akademi keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan yang hasilnya kurang memuaskan adalah kompetensi rawat luka, sedangkan metode yang digunakan adalah demonstrasi.Secara teori metode coching dapat digunakan sebagai salah satu teknik dalam proses pembelajaran di laboratorium dalam meningkatkan kompetensi. Motivasi juga merupakan factor yang kuat dalam meningkatkan minat, kemauan, dan antusiasme dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bimbingan pelatihan dan motivasi kompetensi perawatan luka di Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan. Desain penelitian yaitu studi eksperimental dengan menggunakan Randomized Controlled Trial (RCT). Sampel sebanyak 86 mahasiswa dipilih dengan teknik sampling lengkap. Metode demonstrasi digunakan untuk perbandingan. Data dikumpulkan dengan observasi dan kuesioner standard. Data dianalisis dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan metode bimbingan yang signifikan (b = 5,09, p = 0,009) dan motivasi (b =0,33, p = 0,06) dari kompetensi rawat luka untuk mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan dan secara tatistik hyasilnya signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan metode bimbingan coching untuk meningkatkan kompetensi mahasiawa lebih efektif dibandingkan dengan metode demonstrasi. Disarankan untuk semua dosen menggunakan metode pembelajaran, bimbingan coching untuk pembelajaran praktikum di laboratorium.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Citra Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjaramasin, Volume 7, No. 2, Desember 2019en_US
dc.subjectcochingen_US
dc.subjectdemonstrasien_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectkompetensien_US
dc.subjectrawat lukaen_US
dc.titlePengaruh Metode Bimbingan Coaching dan Motivasi Terhadap Kompetensi Rawat Lukaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI2312101#D3 Keperawatan-
dc.identifier.nidnNIDN3418057701-
dc.identifier.nidnNIDN3424097001-
dc.identifier.nidnNIDN3408067501-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Kep_Jurnal_Dwining Handayani_Pengaruh Metode Bimbingan Coaching.pdf2.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.