Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99679
Title: | Hubungan Antara Pemenuhan Tugas Perkembangan Emosional dengan Tingkat Stres Pada Remaja |
Authors: | CAHYONO, Bagus Dwi HANDAYANI, Dwining ZUHROIDAH, Ida |
Keywords: | tugas perkembangan emosional stres remaja |
Issue Date: | 1-Dec-2019 |
Publisher: | Jurnal Citra Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjaramasin, Volume 7, No. 2, Desember 2019 |
Abstract: | Stres yang dialami oleh remaja salah satunya adalah perkembangan. Tugas perkembangan remaja difokuskan upaya meninggalkan sikap dan perilaku masa anakanak dan menuju masa dewasa. Sehingga, tugas perkembangan emosional remaja menjadi salah satu sumber stresor pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemenuhan tugas perkembangan emosional dengan tingkat stres pada remaja siswa kelas X SMK Sakinah Pasuruan. Studi observasional menggunakan desain cross-sectional dilakukan pada remaja SMK Kesehatan Sakinah Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan total sebanyak 222 orang responden dan dibagi dalam setiap kelas dan program. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi () sebesar -0,519. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pemenuhan tugas perkembangan emosional dengan tingkat stres pada remaja siswa kelas X akuntansi SMK Sakinah Pasuruan dengan tingkat korelasi sedang dan hubungan yang terbalik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar menggunakan desain dengan pengukuran yang lebih objektif, instrumen yang lebih spesifik dan objektif, dan diterapkan pada fase perkembangan yang lain. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99679 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. Kep_Jurnal_Bagus Dwi Cahyono_Hubungan Antara Pemenuhan Tugas Perkembangan Emosional.pdf | 3.7 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.