Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99333
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SUPENO | - |
dc.contributor.advisor | SUBIKI | - |
dc.contributor.author | ANJANI, Fiska | - |
dc.date.accessioned | 2020-06-24T05:59:20Z | - |
dc.date.available | 2020-06-24T05:59:20Z | - |
dc.date.issued | 2020-01 | - |
dc.identifier.nim | 160210102047 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99333 | - |
dc.description.abstract | Keterampilan dalam suatu pembelajaran fisika yang diperlukan pada saat kondisi dunia abad 21 ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu keterampilan tingkat tinggi adalah keterampilan bernalar. Salah satu keterampilan bernalar yang saat ini mendapatkan banyak perhatian dari para peneliti dan pendidik adalah keterampilan berbasis bukti, yang salah satunya adalah scientific reasoning. Secara umum, penalaran ilmiah (scientific reasoning) adalah suatu kemampuan berargumentasi atau menjelaskan suatu konsep pengetahuan menggunakan prinsip ilmiah untuk membangun pemahaman yang mendalam. Penalaran ilmiah memiliki lima indikator pola penalaran ilmiah yaitu conservation reasoning, correlational reasoning, identification and control of variable, proportional reasoning, dan probabilistic reasoning. Penalaran ilmiah (scientific reasoning) dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menjelaskan suatu konsep dengan baik dan mendalam, serta siswa dapat membangun suatu argumentasi untuk membantu siswa mengembangkan penalaran. Berdasarkan penelitian-penelitian yang dirujuk, dapt diketahui bahwa keberadan scientific reasoning siswa masih lemah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya belum diterapkannya proses pembelajaran yang mendukung siswa untuk terlibat secara aktif dalam menemukan suatu konsep, karena penguasaan konsep berhubungan dengan penalaran ilmiah. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | Pengaruh Diagram Berpikir Multidimensi dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMA pada Materi Fluida Statis | en_US |
dc.title | Pengaruh Diagram Berpikir Multidimensi dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMA pada Materi Fluida Statis | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210102 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Fiska Anjani - 160210102047_.pdf | 3.96 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools