Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99278
Title: Tender Paket Preservasi Rekonstruksi Jalan dan Pemeliharaan Rutin Jembatan Simpang Sei Asam Kalimantan Tengah dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha (Studi Putusan KPPU Nomor : 03/KPPU-L/2018)
Authors: WIDIYANTI, Ikarini Dani
WARDHANA, Rhama Wisnu
HINDARDI, Dinda Maya
Keywords: Tender Paket Preservasi Rekonstruksi Jalan dan Pemeliharaan Rutin Jembatan Simpang Sei Asam Kalimantan Tengah dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha (Studi Putusan KPPU Nomor : 03/KPPU-L/2018)
Issue Date: 4-Feb-2020
Publisher: FAKULTAS HUKUM
Abstract: Persaingan usaha tidak sehat adalah persaingan antar pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa yang dilakukan dengan cara tidak jujur atau melawan hukum atau menghambat persaingan usaha. Persaingan usaha yang dilakukan secara tidak jujur dapat diartikan sebagai segala tingkah laku yang tidak sesuai dengan itikad baik, kejujuran di dalam berusaha. Misalnya, dalam persaingan tender, para pelaku usaha telah melakukan konspirasi usaha dengan panitia lelang untuk dapat memenangkan sebuah tender. Sehingga pelaku usaha lainnya tidak mendapatkan kesempatan untuk memenangkan tender tersebut. Kasus dengan Putusan KPPU Nomor : 03/KPPU-L/2018 dengan para terlapor tersebut adalah Pokja Satuan Kerja Perangkat Daerah Tugas Pembantuan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah, PT. Melindo Bhakti Persadatama, PT. Jaya Wijaya Coperation, dan PT. Margo Umega. Dalam kasus tersebut para terlapor. Dalam kasus tersebut terindikasi proses tender yang tidak wajar dan dugaan praktek persekongkolan tender secara horizontal dan vertikal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99278
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DINDA MAYA HINDARDI-160710101351_.pdf2.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools