Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99148
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHOBRI, Hobri-
dc.contributor.authorWIDYASARI, Ni Kadek-
dc.contributor.authorMURTIKUSUMA, Randi Pratama-
dc.date.accessioned2020-06-05T03:15:23Z-
dc.date.available2020-06-05T03:15:23Z-
dc.date.issued2020-05-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99148-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban siswa dalam memecahkan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis pemecahan masalah siswa yang dilakukan menggunakan masalah jumping task terlihat bahwa secara umum pada tahap memahami masalah seluruh subjek mampu memahami masalah dengan baik, pada tahap membuat rencana subjek merencanakan cara penyelesaian sudah benar walaupun terdapat beberapa langkah yang tidak ditulis namun langsung muncul dalam pelaksanaan rencana, pada tahap melaksanakan rencana subjek melaksanakan rencana dengan tepat dan berurutan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, dan pada tahap memeriksa kembali cara subjek dalam memeriksa kembali jawaban adalah menggunakan data yang telah diperoleh pada tahap melaksanakan rencana kemudian menyamakan dengan data yang diketahui.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherMATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, Volume 6 Nomor 2, Mei – Agustus 2020, halaman 124 – 141en_US
dc.subjectpemecahan masalah dengan tahapan Polyaen_US
dc.subjectjumping tasken_US
dc.subjectbarisan dan deret aritmetikaen_US
dc.titleAnalisis Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Jumping Task pada Materi Barisan dan Deret Aritmetikaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210101#Pendidikan Matematika-
dc.identifier.nidnNIDN0006057301-
dc.identifier.nidnNIDN0020068802-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Hobri_Analisis Pemecahan Masalah.pdf2.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.