Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99148
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HOBRI, Hobri | - |
dc.contributor.author | WIDYASARI, Ni Kadek | - |
dc.contributor.author | MURTIKUSUMA, Randi Pratama | - |
dc.date.accessioned | 2020-06-05T03:15:23Z | - |
dc.date.available | 2020-06-05T03:15:23Z | - |
dc.date.issued | 2020-05-01 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99148 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban siswa dalam memecahkan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis pemecahan masalah siswa yang dilakukan menggunakan masalah jumping task terlihat bahwa secara umum pada tahap memahami masalah seluruh subjek mampu memahami masalah dengan baik, pada tahap membuat rencana subjek merencanakan cara penyelesaian sudah benar walaupun terdapat beberapa langkah yang tidak ditulis namun langsung muncul dalam pelaksanaan rencana, pada tahap melaksanakan rencana subjek melaksanakan rencana dengan tepat dan berurutan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, dan pada tahap memeriksa kembali cara subjek dalam memeriksa kembali jawaban adalah menggunakan data yang telah diperoleh pada tahap melaksanakan rencana kemudian menyamakan dengan data yang diketahui. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, Volume 6 Nomor 2, Mei – Agustus 2020, halaman 124 – 141 | en_US |
dc.subject | pemecahan masalah dengan tahapan Polya | en_US |
dc.subject | jumping task | en_US |
dc.subject | barisan dan deret aritmetika | en_US |
dc.title | Analisis Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Jumping Task pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0210101#Pendidikan Matematika | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0006057301 | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0020068802 | - |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Jurnal_Hobri_Analisis Pemecahan Masalah.pdf | 2.92 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.