Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98893
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTitisari, Purnamie-
dc.contributor.advisorSusanto, Arnis Budi-
dc.contributor.authorPutri, Sukma Aprilia-
dc.date.accessioned2020-05-11T09:12:38Z-
dc.date.available2020-05-11T09:12:38Z-
dc.date.issued2020-01-02-
dc.identifier.nim160810201033-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98893-
dc.description.abstractPerusahaan membutuhkan manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui usaha-usaha yang dilakukan. Pencapaian tujuan tidak cukup hanya dengan mengandalkan manajemen, tapi juga harus diimbangi dengan kiat-kiat agar tujuan perusahaan tercapai. Dalam hal ini Sumber Daya Manusia menjadi kunci dalam mencapai tujuan perusahaan. Sehingga Sumber Daya Manusia yang dimiliki perusahaan harus diberdayakan secara profesional yang dapat dilihat dari kinerja karyawannya. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah learning organization, dimana sebuah perusahaan membangun kesadaran belajar untuk meningkatkan pengetahuan karyawan. Selain learning organization, hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah work engagement yang menunjukkan dorongan baik secara fisik maupun emosional karyawan untuk memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; pengaruh learning organization terhadap kinerja karyawan, pengaruh learning organization terhadap work engagement, dan pengaruh work engagement pada kinerja karyawan Bank Bukopin Jember. Penelitian ini tergolong sebagai explanatory research, yang menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis yang dirumuskan. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan Bank Bukopin Jember yang berjumlah 51 orang, sedangkan metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria karyawan tetap dan lama bekerja minimal 1 tahun. Sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 46 karyawan. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari tanggapan responden atas pernyataan yang dibuat oleh peneliti. Sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel, penelitian terdahulu, dan website resmi perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi Smart PLS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa learning organization berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan menghasilkan nilai koefisien sebesar 0,070 dan nilai t-statistik 0,938 lebih kecil dari nilai t-tabel 2,01 dengan α=5%, yang berarti bahwa learning organization tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bank Bukopin Jember. Learning organization berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement menghasilkan nilai koefisien sebesar 0,446 dan nilai t-statistik 4,178 lebih besar dari nilai t-tabel 2,01 dengan α=5%, yang berarti bahwa learning organization berpengaruh terhadap work engagement pada karyawan Bank Bukopin Jember. Work engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan menghasilkan nilai koefisien sebesar 0,835 dan nilai t-statistik 13,070 lebih besar dari nilai t-tabel 2,01 dengan α=5%, yang berarti bahwa work engagement berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bank Bukopin Jember.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jemberen_US
dc.subjectLearning Organizationen_US
dc.subjectKinerja Karyawanen_US
dc.subjectWork Engagementen_US
dc.subjectKaryawan Bank Bukopinen_US
dc.titlePengaruh Learning Organization terhadap Kinerja Karyawan melalui Work Engagement pada Karyawan Bank Bukopin Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SUKMA APRILIA PUTRI - 160810201033.pdf1.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools