Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98362
Title: Analisis Hubungan antara Kecepatan dengan Kecelakaan di Ruas Jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jember
Authors: Badriani, Ririn Endah
Kriwardhana, Willy
Pebrianti, Anita Dewi
Keywords: Kecepatan
Kecelakaan
Ruas Jalan
Issue Date: 8-Jan-2020
Publisher: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember
Abstract: Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Kecelakan dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu berkendara dengan kecepatan yang tinggi, melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara, melawan arus, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan mengetahui hubungan antara kecepatan dan kecelakaan. Variabel kecelakaan yang digunakan adalah jumlah kecelakaan dan tingkat kecelakaan, sedangkan variabel kecepatan yang digunakan adalah kecepatan 85 persentil dan kecepatan rata-rata. Penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jember yang dijabarkan berdasarkan weekday dan weekend, serta dijabarkan lagi berdasarkan arah ke kota dan ke luar kota. Karakteristik kecelakaan yang terjadi di Jalan Hayam Wuruk pada tahun 2014 hingga tahun 2018 berdasarkan tingkat keparahan korban paling banyak mengalami luka ringan sebesar 86,47%. Pada tipe kecelakaan yang sering terjadi yaitu tabrakan saat menyalip dari kanan sebesar 13,56%. Pada keterlibatan pengguna jalan terjadi pada sepeda motor sebesar 73,31%. Kecelakaan paling banyak terjadi saat malam hari yaitu 22,03%. Berdasarkan penyebab terjadi kecelakaan paling banyak disebabkan oleh pengendara yang ceroboh dengan persentase tertinggi yaitu 54,71%. Pada hubungan antara kecepatan dengan kecelakaan digunakan uji korelasi dan uji regresi. Pada uji korelasi dilakukan untuk mengetahui nilai hubungan antara variabel kecepatan dan variabel kecelakaan. Hubungan variabel kecepatan dengan jumlah kecelakaan memiliki hubungan yang sempurna dengan nilai korelasi berada pada interval 0,80 ≤ r ≤ 1,00. Pada variabel kecepatan dengan tingkat kecelakaan memiliki hubungan yang kuat dan sempurna dengan nilai korelasi berada pada interval 0,60 ≤ r ≤ 1,00. Pada keempat variabel memiliki model persamaan Pada uji regresi, dilakukan pemodelan persamaan regresi dengan pemilihan nilai R2 terbesar yang mendeketi lapangan. Pada penelitian ini data berbentuk nonlinear, sehingga persamaan regresinya dapat berbentuk empat model persamaan, yaitu eksponensial, logaritma, polinomial, dan power. Model persamaan terbaik pada variabel kecepatan dengan jumlah kecelakaan adalah persamaan eksponensial dan polinomial. Pada variabel kecepatan dengan tingkat kecelakaan memiliki model persamaan terbaiknya power dan polinomial. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan berada pada interval 0,60 ≤ r ≤ 1,00.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98362
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anita Dewi Pebrianti - 161910301068.pdf2.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools