Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98362
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBadriani, Ririn Endah-
dc.contributor.advisorKriwardhana, Willy-
dc.contributor.authorPebrianti, Anita Dewi-
dc.date.accessioned2020-04-21T23:32:50Z-
dc.date.available2020-04-21T23:32:50Z-
dc.date.issued2020-01-08-
dc.identifier.nim161910301068-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98362-
dc.description.abstractKecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Kecelakan dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu berkendara dengan kecepatan yang tinggi, melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara, melawan arus, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan mengetahui hubungan antara kecepatan dan kecelakaan. Variabel kecelakaan yang digunakan adalah jumlah kecelakaan dan tingkat kecelakaan, sedangkan variabel kecepatan yang digunakan adalah kecepatan 85 persentil dan kecepatan rata-rata. Penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jember yang dijabarkan berdasarkan weekday dan weekend, serta dijabarkan lagi berdasarkan arah ke kota dan ke luar kota. Karakteristik kecelakaan yang terjadi di Jalan Hayam Wuruk pada tahun 2014 hingga tahun 2018 berdasarkan tingkat keparahan korban paling banyak mengalami luka ringan sebesar 86,47%. Pada tipe kecelakaan yang sering terjadi yaitu tabrakan saat menyalip dari kanan sebesar 13,56%. Pada keterlibatan pengguna jalan terjadi pada sepeda motor sebesar 73,31%. Kecelakaan paling banyak terjadi saat malam hari yaitu 22,03%. Berdasarkan penyebab terjadi kecelakaan paling banyak disebabkan oleh pengendara yang ceroboh dengan persentase tertinggi yaitu 54,71%. Pada hubungan antara kecepatan dengan kecelakaan digunakan uji korelasi dan uji regresi. Pada uji korelasi dilakukan untuk mengetahui nilai hubungan antara variabel kecepatan dan variabel kecelakaan. Hubungan variabel kecepatan dengan jumlah kecelakaan memiliki hubungan yang sempurna dengan nilai korelasi berada pada interval 0,80 ≤ r ≤ 1,00. Pada variabel kecepatan dengan tingkat kecelakaan memiliki hubungan yang kuat dan sempurna dengan nilai korelasi berada pada interval 0,60 ≤ r ≤ 1,00. Pada keempat variabel memiliki model persamaan Pada uji regresi, dilakukan pemodelan persamaan regresi dengan pemilihan nilai R2 terbesar yang mendeketi lapangan. Pada penelitian ini data berbentuk nonlinear, sehingga persamaan regresinya dapat berbentuk empat model persamaan, yaitu eksponensial, logaritma, polinomial, dan power. Model persamaan terbaik pada variabel kecepatan dengan jumlah kecelakaan adalah persamaan eksponensial dan polinomial. Pada variabel kecepatan dengan tingkat kecelakaan memiliki model persamaan terbaiknya power dan polinomial. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan berada pada interval 0,60 ≤ r ≤ 1,00.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jemberen_US
dc.subjectKecepatanen_US
dc.subjectKecelakaanen_US
dc.subjectRuas Jalanen_US
dc.titleAnalisis Hubungan antara Kecepatan dengan Kecelakaan di Ruas Jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anita Dewi Pebrianti - 161910301068.pdf2.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools