Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98359
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKamsyakawuni, Ahmad-
dc.contributor.advisorRiski, Abduh-
dc.contributor.authorSusiana, Ari-
dc.date.accessioned2020-04-21T23:20:20Z-
dc.date.available2020-04-21T23:20:20Z-
dc.date.issued2020-01-11-
dc.identifier.nim161810101014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98359-
dc.description.abstractPerkembangan usaha otomotif dari sektor industri mobil di Indonesia relatif baik. Banyak brand mobil ternama yang masuk di Indonesia salah satunya Toyota. Penyebaran dealer Toyota di Indonesia sangat luas, termasuk juga di wilayah Jember. Pihak dealer perlu menentukan kriteria mobil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen sebagai strategi pemasaran. Metode fuzzy TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) adalah metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan. Penggunaan logika fuzzy memudahkan dalam penilaian beberapa alternatif pilihan menggunakan variabel linguistik. Kriteria digunakan untuk memudahkan pengambilan keputusan oleh penilai sehingga alternatif terpilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Metode TOPSIS digunakan karena dapat membuat pengambilan keputusan menjadi lebih efisien. Hasil peringkat dari metode TOPSIS menunjukkan bahwa alternatif terpilih harus memiliki jarak terdekat dari solusi ideal positif. Penelitian ini membahas tentang penentuan pemasaran mobil oleh pihak dealer Toyota Auto2000 Jember berdasarkan tiga golongan mobil. Golongan mobil tersebut adalah LCGC (Low Cost Green Car), MPV (Multi Purpose Vehicle) dan SUV (Sport Utility Vehicle). Metode yang digunakan yaitu metode fuzzy TOPSIS dengan menggunakan 4 kriteria. Kriteria yang digunakan yaitu harga, keekonomisan perawatan, kenyamanan dan model mobil. Penilaian dinilai oleh pihak dealer sebagai penyedia mobil. Penilaian untuk kriteria mobil menggunakan variabel linguistik: harga (mahal, sedang, murah), keekonomisan perawatan (kurang ekonomis, cukup, ekonomis), kenyamanan (kurang baik, cukup, baik) dan model (kurang baik, cukup, baik). Sedangkan untuk masing-masing kriteria diberi bobot dengan variabel linguistik “sangat penting”, “penting”, “cukup penting”, “kurang penting” dan “tidak penting”. Grafik fungsi keanggotaan disajikan menggunakan kurva segitiga. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan aplikasi MATLAB. Berdasarkan data hasil akhir, hasil urutan peringkat tipe mobil terbaik yang dipasarkan di Toyota Auto2000 dari golongan LCGC yaitu Toyota Calya kemudian Toyota Agya. Golongan MPV didapatkan urutan peringkat tipe mobil terbaik yaitu Toyota Avanza, Innova, Sienta, Voxy, Alphard dan Vellfire. Sedangkan golongan SUV didapat urutan peringkat tipe mobil terbaik yaitu Toyota Rush, Fortuner, C-HR dan Land Cruiser. Berdasarkan keempat kriteria yang digunakan pada penelitian ini, pihak dealer lebih mementingkan aspek harga dan keekonomisan perawatan untuk memasarkan tipe mobil di wilayah Jember.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jemberen_US
dc.subjectKeputusan Pemasaran Mobilen_US
dc.subjectMetode Fuzzy TOPSISen_US
dc.subjectSistem Pendukungen_US
dc.titleSistem Pendukung Keputusan Pemasaran Mobil di Toyota Auto2000 Jember dengan Metode Fuzzy TOPSISen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ari Susiana - 161810101014.pdf1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools