Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98300
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANDRIANSYAH, Dicky-
dc.contributor.authorRONDHIANTO, Rondhianto-
dc.contributor.authorRIFAI, Ahmad-
dc.date.accessioned2020-04-20T04:00:05Z-
dc.date.available2020-04-20T04:00:05Z-
dc.date.issued2016-05-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98300-
dc.description.abstractAIDS masih menduduki peringkat ke tiga penyakit paling mematikan di Indonesia. Penyakit ini disebabkan virus HIV yang dapat menurunkan status imun seseorang hingga memicu infeksi oportunistik dan menyebabkan kematian. Insidensi penyakit HIV pada tahun 2014 mencapai 32.711 kasus, dan terjadi pada usia 14-19 tahun yaitu 1.717 kasus (5,24%). Masalah kurangnya pengetahuan remaja mengenai HIV menjadikan perilaku mereka mengarah pada pergaulan yang negatif dan beresiko pada seks bebas, penyalahgunaan jarum suntik, dan sebagainya. Pengetahuan yang kurang merupakan faktor terjadinya perubahan sikap. Problem Based Instruction (PBI) suatu model pembelajaran yang diharapkan dapat merubah pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan One-group pre-post test design, menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel sebanyak 35 responden. Hasil analisa data uji t-test dependen diperoleh t -3,8380 untuk pengetahuan, dan t -22,174 untuk sikap, artinya terjadi peningkatan nilai setelah diberikan model PBI dengan mean difference -6,800 dan -24,000 masing-masing untuk pengetahuan dan sikap. Nilai p didapatkan 0,000 untuk pengetahuan dan sikap. Nilai p menunjukkan < α (0,05) yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan peran perawat sebagai edukator dalam memanfaatkan PBI khususnya pada remaja tentang HIV/AIDS.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publishere-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.4 (no.2), Mei, 2016en_US
dc.subjectProblem Based Instructionen_US
dc.subjectpengetahuan sikapen_US
dc.subjectHIV/AIDSen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMP Achmad Jani Puger Kabupaten Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI2310101#Ilmu Keperawatan-
dc.identifier.nidnNIDN0024038303-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Kep_Jurnal_Rondhianto_Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction.pdf1.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.