Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98221
Title: Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Kesiapsiagaan Bencana (medical first respondent) Gunung Meletus pada Karang Taruna di Desa Rowosari Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember
Authors: WAFI, Fuad Hasim
RONDHIANTO, Rondhianto
KUSHARIYADI, Kushariyadi
Keywords: Kesiapsiagaan Bencana
Metode pembelajaran kontekstual
Metode Somatis Auditori Visual Intelektual
Issue Date: 1-Jan-2016
Publisher: e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.4 (no.1), Januari, 2016
Abstract: Kesiapsiagaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna. Membangun kesiagaan adalah unsur penting, namun tidak mudah dilakukan karena menyangkut sikap mental dan budaya serta disiplin di tengah masyarakat. Kesiagaan adalah tahapan paling strategis karena sangat menentukan ketahanan anggota masyarakat dalam menghadapi datangnya bencana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan bencana pada karang taruna di Desa Rowosari. Desain penelitian ini adalah pre experimental dengan rancangan one group pretest posttest. Sampel penelitian sebanyak 20 karang taruna dan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji t dependen, dengan nilai rata-rata kesiapsiagaan bencana 1 jam setelah intervensi dengan nilai pretest 45,25 dan nilai posttest 1 89,3, nilai 1 minggu setelah intervensi dengan nilai pretest 45,25 dan nilai posttest 2 87,65, terjadi penurunan nilai rata-rata kesiapsiagaan bencana pada posttest 1 – posttest dengan nilai posttest 1 89,3dan nilai posttest 2 87,65. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai p 0,00 < 0,05 (α). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh yang sangat bermakna pada kesiapsiagaan bencana gunung meletus setelah diberikan intervensi metode CTL dengan pendekatan SAVI pada karang taruna di Desa Rowosari. Rekomendasi penelitian ini adalah metode CTL dengan pendekatan SAVI direkomendasikan pada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap peringatan dini bencana, Transportasi evakuasi dan Balut bidai kesiapsiagaan bencana.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98221
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Kep_Jurnal_Rondhianto_Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning.pdf1.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.