Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97731
Title: Uji Aktivitas Ekstrak Daun Maja (Aegle Marmelos L.) Terhadap Kadar Glukosa Darah dan Profil Lipid Tikus Diabetes Akibat Induksi Aloksan
Authors: HOLIDAH, Diana
FAJRIN, Fifteen Aprila
MUSLICHAH, Siti
Keywords: Daun Maja
Diabetes Melitus
Kadar Glukosa darah
Profil Lipid
Issue Date: 27-Jul-2019
Publisher: UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember
Abstract: Diabetes melitus (DM) adalah suatu kelainan metabolik yang bersifat kronik dimana terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah. Penderita DM memiliki potensi yang besar pada timbulnya penyakit lain seperti aterosklerosis kardiovaskular, vaskular perifer dan serebrovaskular. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan potensi ekstrak daun Maja sebagai obat herbal antidiabetes. Penelitian dilakukan pada tikus diabetes karena induksi aloksan. Ekstrak daun Maja diberikan dengan dosis 500 mg/kgBB satu kali sehari selama 14 hari. Pada hari ke-15 diukur kadar glukosa darah dan profil lipid. Ekstrak n-heksan memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah sebesar 35,19%. Ekstrak etil asetat memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah sebesar 5,43%. Ekstrak etanol 96% memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah sebesar 10,99%. Pemberian ekstrak daun Maja juga akan menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan LDL serta akan meningkatkan kadar HDL dalam darah.
Description: PROSIDING RAKERDA, SEMINAR, PRESENTASI ILMIAH/POSTER DAN PELATIHAN 2019 “Peningkatan Profesionalisme dalam Menjalankan Praktik Kefarmasian di Era 4.0”
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97731
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Farmasi_Prosiding_Diana Holidah_Uji Aktivitas Ekstrak Daun Maja.pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.