Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97400
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SUTARTO | - |
dc.contributor.advisor | INDRAWATI | - |
dc.contributor.author | HIDAYATULAH, Arif Harimukti | - |
dc.date.accessioned | 2020-03-26T05:50:38Z | - |
dc.date.available | 2020-03-26T05:50:38Z | - |
dc.date.issued | 2019 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97400 | - |
dc.description.abstract | Sains merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis atau teratur yang penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, berlaku umum (universal), berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen (Yulianti & Wiyanto, 2009: 3). Fisika sebagai bagian dari sains (IPA) pada hakekatnya merupakan 1) pengumpulan pengetahuan (a body of knowledge), 2) cara atau jalan berpikir (a way of thinking), 3) cara untuk penyelidikan (a way of investigating) tentang alam semesta ini, 4) interaksi dengan teknologi dan sosial (it’s interaction with technology and society) Koballa & Chiapetta, (2010: 105). Ketika materi fisika yang bersifat abstrak tidak dapat dipahami oleh siswa, maka dapat menyebabkan misconsepsi pada peseta didik. Perlu adaya alat bantu untuk menggambarkan hal-hal yang bersifat abstrak, salah satunya yakni materi gelombang yang memerlukan bantuan tali dalam memproyeksikan bentuk gelombang. bang siswa di SMA. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang dipilih peneliti dalam melakukan penelitian pengembangan Bahan ajar berbasis gambar proses di SMA ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri atas (1) define, (2) design, (3) develop, (4) desseminate. Data dieroleh dengan menggunakan metode validasi, observasi, tas, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui kevalidan buku ajar menggunakan uji validasi oleh validator ahli dan validator pengguna. Kepraktisan buku ajar menggunakan hasil observasi dan hasil analisis respon siswa setelah pembelajaran. Kefektifan buku ajar menggunakan teknik N-gain utuk melihat tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis penilaian dari dua validator, diperoleh nilai validitas materi dari buku ajar gelombang berbasis gambar proses sebesar 4,36 dengan kategori valid. Hasil analisis rata-rata validitasmedia sebesar 4,58 dengan Sains merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis atau teratur yang penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, berlaku umum (universal), berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen (Yulianti & Wiyanto, 2009: 3). Fisika sebagai bagian dari sains (IPA) pada hakekatnya merupakan 1) pengumpulan pengetahuan (a body of knowledge), 2) cara atau jalan berpikir (a way of thinking), 3) cara untuk penyelidikan (a way of investigating) tentang alam semesta ini, 4) interaksi dengan teknologi dan sosial (it’s interaction with technology and society) Koballa & Chiapetta, (2010: 105). Ketika materi fisika yang bersifat abstrak tidak dapat dipahami oleh siswa, maka dapat menyebabkan misconsepsi pada peseta didik. Perlu adaya alat bantu untuk menggambarkan hal-hal yang bersifat abstrak, salah satunya yakni materi gelombang yang memerlukan bantuan tali dalam memproyeksikan bentuk gelombang. bang siswa di SMA. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang dipilih peneliti dalam melakukan penelitian pengembangan Bahan ajar berbasis gambar proses di SMA ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri atas (1) define, (2) design, (3) develop, (4) desseminate. Data dieroleh dengan menggunakan metode validasi, observasi, tas, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui kevalidan buku ajar menggunakan uji validasi oleh validator ahli dan validator pengguna. Kepraktisan buku ajar menggunakan hasil observasi dan hasil analisis respon siswa setelah pembelajaran. Kefektifan buku ajar menggunakan teknik N-gain utuk melihat tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis penilaian dari dua validator, diperoleh nilai validitas materi dari buku ajar gelombang berbasis gambar proses sebesar 4,36 dengan kategori valid. Hasil analisis rata-rata validitasmedia sebesar 4,58 dengan | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 160220104001; | - |
dc.subject | Pengembangan Buku Ajar Berbasis | en_US |
dc.subject | Gambar Proses | en_US |
dc.subject | Higher Order Thinking Skills | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Gelomabang | en_US |
dc.title | Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar Proses Untuk Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Gelomabang Siswa di Sma | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Arif Harimukti Hidayatulah - 160220104001_.pdf | 12.48 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools