Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9733
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSITI AISYAH NOER WAHYUNI-
dc.date.accessioned2013-12-18T03:01:04Z-
dc.date.available2013-12-18T03:01:04Z-
dc.date.issued2013-12-18-
dc.identifier.nimNIM080210204213-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9733-
dc.description.abstractRancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Jomerto 01 dan diikuti oleh semua siswa kelas V sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam menulis karangan narasi. Sumber data meliputi, guru kelas V dan siswa kelas V SDN Jomerto 01. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu: 1. instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar tugas mengarang, dan lembar pedoman wawancara, 2. instrumen analisis data berupa perbandingan hasil observasi dan hasil penilaian dari tes mengarang cerita narasi oleh siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kreativitas mengarang narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01 melalui metode “mind mapping” dapat meningkat setelah guru melakukan tindakan dengan membentuk kelompok disertai diskusi. Melalui diskusi, siswa yang cepat dan mudah menerima informasi cara membuat “mind mapping” dan pengembangannya akan membantu teman sekelompok yang lambat dalam menerima informasi. Hasil belajar mengarang narasi siswa kelas V mengalami peningkatan sebesar 2,5% tetapi persentase daya serap klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal 70%. Pada siklus I, sebanyak 12 siswa atau 30% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 28 siswa atau 70% belum mencapai ketuntasan belajar dengan demikian keterampilan mengarang narasi belum ada peningkatan. Siklus II, ada sedikit peningkatan meskipun hanya sebanyak 13 siswa atau 32,5% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 27 siswa atau 67,5% belum mencapai ketuntasan belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204213;-
dc.subjectMetode “Mind Mapping”, Mengarang Narasien_US
dc.titlePENERAPAN METODE “MIND MAPPING” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN JOMERTO 01 PATRANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf160.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools